Yohanes 14:27

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera- Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Tuhan Yesus berjanji untuk memberikan kita damai sejahtera-Nya. Damai sejahtera adalah sesuatu yang penting dan sangat dibutuhkan, sebab semua orang membutuhkan damai sejahtera-Nya.

Apa manfaat dari damai sejahtera?

1. Damai sejahtera Allah itu berfungsi untuk mencegah kita agar tidak mudah menjadi gelisah dan takut.

Yohanes 14:27

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera- Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Arti kata Damai sejahtera di sini disebut juga SHALOM, yang artinya adalah jalan menuju keselamatan, kesejahteraan, keamanan, dan kemakmuran.

Shalom Tuhan atau Damai sejahtera yang diberikan Tuhan Yesus inilah yang membuat kita bisa memiliki damai dengan Bapa Sorgawi kita; damai dengan diri kita sendiri; damai dengan sesama dan lingkungan kita!

Damai sejahtera Kristus atau Shalom ini adalah hasil dari penderitaan dan pengorbanan Kristus di kayu salib, di mana darah-Nya itu dicurahkan utk menebus dosa kita, darah-Nya itu memiliki kuasa untuk membebaskan kita dari rasa takut akan kematian (dibaca: Ibrani 2:14-15) dan darah-Nya itu memiliki kuasa untuk menyucikan hati nurani kita dari perbuatan yang sia-sia supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup (Dibaca: Ibrani 9:14).

Oleh karena kita mengerti bahwa kita telah dibebaskan dari rasa takut akan kematian sebab kita semua akan dibangkitkan saat kedatangan Tuhan Yesus yang kedua dan memperoleh hidup kekal; maka damai sejahtera Allah turun dalam hidup kita, damai sejahtera Allah inilah yang akan melenyapkan kegelisahan dan ketakutan kita.

Oleh karena kita mengerti bahwa kita semua telah dibebaskan dari rasa bersalah dan rasa malu karena perbuatan yang sia-sia di masa lalu dan sekarang kita bisa beribadah dan masuk ke dalam hadirat-Nya yang kudus; maka damai sejahtera Allah turun dalam hidup kita, damai sejahtera Allah inilah yang akan melenyapkan segala kegelisahan dan ketakutan kita.

Damai sejahtera inilah yang memberi kita kuasa untuk menghancurkan Iblis di bawah kaki kita; dan oleh damai sejahtera inilah maka kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kita selalu (dibaca: Roma 16:20).

2. Damai sejahtera Kristus itu berfungsi untuk menentukan arah hidup kita sebagai orang percaya yang berharap kepada Tuhan.

Kolose 3:15
Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

Dalam bahasa Ibrani kata “memerintah” di sini adalah “brabeuo” (brabyu-o) yang berarti “bertindak sebagai seorang wasit atau hakim” dalam menyelesaikan dan memutuskan persengketaan antara dua pihak.

Dengan kata lain, damai sejahtera Allah akan menjadi faktor penentu dalam hati kita sebagai orang percaya. Kita akan mendapatkan perlindungan dan pemeliharaan Tuhan sepanjang kita membiarkan damai sejahtera Allah menguasai hati dan pikiran kita.

Damai sejahtera Allah akan tumbuh dan menguasai hidup kita apabila kita mengerti akan kebenaran firman Tuhan dan melakukan firman Tuhan ini dari waktu ke waktu secara terus menerus.

Yesaya 32:17 berkata:
Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketentraman untuk selama-lamanya.”

Sebagaimana seorang wasit yang akan meniup peluit jika seorang pemain melangkah di luar garis batas, damai sejahtera Allah juga akan meninggalkan Anda pada saat Anda keluar dari kehendak Allah.

Allah menggunakan damai sejahtera-Nya untuk menuntun langkah-langkah hidup kita supaya hidup kita sesuai dengan rencana dan maksud-Nya yang sempurna.

Mungkin Anda hendak mengambil keputusan penting seperti pindah kota, melakukan perluasan bisnis baru, memiliki pasangan hidup, maka seharusnya Anda tidak akan mengambil langkah apa pun sebelum Anda benar-benar merasakan damai sejahtera dalam setiap langkah yang akan diambilnya.

Jika Anda bersedia menantikan turunnya damai sejahtera ke atas diri Anda sebagai sebuah kesaksian roh bahwa langkah dan keputusan yang diambilnya ini adalah selaras dengan kehendak Allah, maka Anda akan mendapatkan dengan sukacita bahwa setiap bagian kecil dari tindakan Anda akan berjalan dengan indah.

Damai sejahtera Allah akan bertindak sebagai wasit apabila kita mau belajar mendengar suara kecil dihati kita dan mendeteksi apakah kita merasakan damai sejahtera atas langkah dan keputusan yang hendak kita ambil ini atau malah sebaliknya?

Seraya kita belajar menjadi semakin peka pada pimpinan damai sejahtera Allah, maka kita akan menjadi lebih terampil dalam menerima pimpinan Roh Kudus, dengan kata lain apabila kita mau hidupnya dipimpin oleh Roh Kudus maka kita akan berkata seperti dalam:

Zakharia 4:6
Maka berbicaralah ia, katanya: “Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh- Ku, firman TUHAN semesta alam.

Selanjutnya apabila Anda hidup di dalam pimpinan damai sejahtera dan Roh Kudus maka Anda akan memiliki iman untuk melihat akhir dari awal pekerjaan dari kehidupan Anda! Tuhan akan memberikan Anda kuasa untuk menyelesaikan Visi untuk membangun “rumah” kehidupan Anda sebab Dia telah membuka pintu-pintu mujizat-Nya bagi Anda!

Zakharia 4:7-9
Siapakah engkau, gunung yang besar? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu! ”
Siapakah engkau, gunung yang besar? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu! “8 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:9″ Tangan Zerubabel telah meletakkan dasar Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya. Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.

Kisah di atas adalah kisah Zerubabel yang mendapatkan perintah Tuhan untuk membangun bait Allah. Namun oleh karena berbagai halangan maka pembangunan bait Allah terhenti dan nampaknya tidak akan mungkin lagi bisa terbangun!

Kemudian secara tiba-tiba datanglah sebuah nubuatan dan perintah Tuhan bahwa Tuhan yang memakai tangan Zerubabel untuk meletakkan dasar atau pondasi bait Allah, maka melalui tangannya juga pembangunan bait Allah itu akan diselesaikan.

Apabila Anda mengembangkan damai sejahtera Allah dalam hidup Anda; maka Tuhan berjanji bahwa apa pun pekerjaan yang telah Anda mulai maka Tuhan juga akan memakai tangan Anda untuk menyelesaikannya.


Filipi 1:6

Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

Biaya pembangunan renovasi gedung berikut seperangkat sound systemnya kurang lebih sebesar Rp31 milyar lagi dan uang ini harus tersedia paling lambat bulan Oktober 2014!

Apabila kita mau dipakai Tuhan untuk menyelesaikan Visi Tuhan untuk mengembangkan wadah ini, maka kita bisa bersepakat untuk berdoa dan membawa persembahan untuk pembangunan! Apabila ada 5000 orang yang berkomitmen untuk membawa persembahan untuk membangun rumah Tuhan ini, di mana per bulannya per orang Rp1 juta rupiah maka dalam tempo kurang dari 8 bulan seluruh biaya pembangunan selesai dilunasi!

Damai sejahtera Allah tumbuh apabila kita melakukan perintah Tuhan. Dan inilah perintah dan kehendak Allah bagi kita saat ini, yaitu membangun rumah bagi Tuhan agar segala bangsa bisa beribadah dan memuliakan Allah.

Hagai1:5-8
Oleh sebab itu, beginilah firman TUHAN semesta alam:Perhatikanlah keadaanmu! 6 Kamu menabur banyak, tetapi membawa pulang hasil sedikit; kamu makan, tetapi tidak sampai kenyang; kamu minum, tetapi tidak sampai puas; kamu berpakaian, tetapi badanmu tidak sampai panas; dan orang yang bekerja untuk upah, ia bekerja untuk upah yang ditaruh dalam pundi- pundi yang berlobang! 7 Beginilah firman TUHAN semesta alam:Perhatikanlah keadaanmu! 8 Jadi naiklah ke gunung, bawalah kayu dan bangunlah Rumah itu; maka Aku akan berkenan kepadanya dan akan menyatakan kemuliaan- Ku di situ, firman TUHAN.

Cara menumbuhkembangkan damai sejahtera Allah:

1. Berdoa memuji dan menyembah Tuhan.

Filipi 4:6-7
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. 7 Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Doa menghasilkan damai sejahtera Allah.

Namun ada beberapa orang yang setelah berdoa mengenai masalah-masalah yang mereka hadapi masih merasa susah hati ketika mereka selesai berdoa. Penyebabnya adalah karena mereka lupa memenuhi persyaratan untuk menumbuhkan damai sejahtera dalam doa-doa mereka, yaitu mempersembahkan korban dan ucapan syukur kepada Allah.

Pada saat kita mengucap syukur kepada Allah maka pada saat itu kita sedang berkata bahwa Allah telah mendengar dan menjawab doa-doa yang baru saja dipanjatkan.

Doa dan permohonan saja tidak akan pernah dapat menumbuhkan damai sejahtera Allah di hati kita, namun pada saat kita mulai menambahkan doa dan permohonan dengan menaikan ucapan syukur kepada Allah maka Allah akan membuka pintu gerbang hadirat-Nya yang berisi damai sejahtera dan sukacita abadi untuk menjagai hati dan pikiran kita bagaikan sepasukan tentara yang berjaga-jaga di sekililing kita (dibaca: Mazmur 100:4).

Dalam Kitab Nabi Yesaya, Tuhan berfirman:
“Aku akan menciptakan puji- pujian. Damai, damai sejahtera bagi mereka yang jauh dan bagi mereka yang dekat– firman TUHAN– Aku akan menyembuhkan dia!” (Yesaya 57:19).

Di mana ada puji-pujian bagi Allah, di situ akan tumbuh damai sejahtera Allah yang berjaga-jaga atas hati dan pikiran kita!

Dengan kata lain, damai sejahtera Allah tumbuh apabila kita mau meluangkan waktu dengan Tuhan setiap hari dalam doa pujian dan penyembahan dan masuk dalam hadirat-Nya.

Pernahkah Anda terpikir bahwa Allah yang memiliki segala suatu dan yang begitu berkuasa mau meluangkan waktu-Nya untuk berbicara bersekutu dengan kita. Alkitab berkata Allah mengundang kita untuk datang dan masuk ke dalam hadirat-Nya. Dan di dalam hadirat-Nya itu ada damai sejahtera dan sukacita senantiasa (dibaca: Matius 11:28, Mazmur 16:11)

2. Anda harus mengerti kebenaran firman Tuhan untuk membangun sikap iman yang benar bahwa Allah mengerti akan setiap kebutuhan hidup kita dan Dia berjanji untuk mencukupinya.

Filipi 4:19
Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan- Nya dalam Kristus Yesus.

Jemaat di Filipi adalah jemaat yang hidup damai sejahtera dan sukacita sekali pun mereka dalam kesusahan dan penderitaan. Mengapa demikian? Sebab hidup mereka tidak berfokus kepada kesusahan dan penderitaan mereka sendiri tetapi mereka berani mengambil bagian dalam pelayanan Rasul Paulus.

Oleh karena itu, muncullah ayat yang sangat terkenal itu:
Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan- Nya dalam Kristus Yesus.” (Filipi 4:19).

Damai sejahtera Allah akan tumbuh dalam hidup Anda pada saat Anda mengerti bahwa Allah itu peduli kepada Anda dan Dia berjanji untuk mencukupi segala keperluan Anda menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.

Matius 10:29-31
Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekorpun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. 30 Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya. 31 Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.

Jika burung pipit yang harganya dua ekor seduit itu dipelihara oleh Bapa sorgawi, apalagi kita, anak-anak-Nya, bukankah kita semua lebih berharga dari pada banyak burung pipit?

Oleh karena itu Tuhan Yesus memerintahkan kita: “Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.”

3. Hiduplah damai dengan semua orang

 

Roma 12:18
Sedapat- dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!

Damai sejahtera Allah akan bertumbuh dalam hidup Anda apabila Anda mau belajar hidup damai dengan semua orang.

Tuhan Yesus memberkati
Salam Damai!