KETENANGAN HATI

Amsal 14:30 berkata:

Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang.

Jika kita ingin memiliki tubuh yang segar maka kita harus memiliki hati yang tenang tetapi jika kita iri hati maka tulang kita akan “membusuk.” Pastikanlah kita sebagai anak-anak Tuhan memiliki hati yang tenang dalam segala keaadaan.

Bagaimana caranya kita memiliki hati yang tenang :

1. Hidup Dekat dengan Tuhan

Apabila kita ingin memiliki hati yang tenang maka satu-satunya cara kita adalah membangun hubungan yang dekat dengan Tuhan.

Mazmur 62:2 berkata:

Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada- Nyalah keselamatanku.

Dekat dengan Tuhan maka kita akan mengalami berkat-berkat Tuhan yang sudah disediakan bagi kita dan Tuhan pasti menggerakkan orang untuk memberkati kita. Segala sesuatu dalam hidup kita akan mengalami kebaikan Tuhan apabila kita dapat menguasai diri kita untuk menjadi tenang. Bangun hubungan yang baik dengan Tuhan dan terus dekati Tuhan Allah kita.

2. Hidup Benar dalam Tuhan

Yesaya 32:17 berkata:

Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya.

Hiduplah dalam kebenaran supaya tumbuh damai sejahtera dalam hidup kita. Beranilah hidup karena kebenaran bukan berani karena salah sebab Tuhan Allah yang Maha Adil dan Maha Tahu yang mengetahui setiap langkah hidup kita. Hidup jujur dalam segala hal dan jangan melakukan kebohongan yang membuat kita menjadi tidak tenang.

3. Percaya Sungguh kepada Tuhan

Yakobus 1:8 berkata:

Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

Daniel 3:16-18 berkata:

Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab raja Nebukadnezar: “Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini. Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.

Hiduplah kepada Tuhan dengan memiliki kepercayaan yang solid yang sungguh-sungguh kepada Tuhan. Dalam segala situasi dan kondisi yang paling sulit dan sukar sekalipun bahkan maut sekalipun haruslah kita tetap percaya dengan tidak goyah kepada Tuhan seperti Sadrakh Mesakh dan Abednego dalam menghadapi perapian yang menyala-nyala.

Oleh sebab itu mari jika kita ingin memiliki hati yang tenang maka kita harus melakukan ketiga hal diatas yaitu Hidup dekat dengan Tuhan, Hidup benar dengan Tuhan dan Percaya sungguh kepada Tuhan. Percayalah kepada Tuhan sebab MujizatNya selalu disediakan bagi kita… Amin.