Yesaya 32:17 berkata:

“Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketentraman untuk selama-lamanya.”

Zakharia 8:19
“Beginilah firman TUHAN semesta alam:Waktu puasa dalam bulan yang keempat, dalam bulan yang kelima, dalam bulan yang ketujuh dan dalam bulan yang kesepuluh akan menjadi kegirangan dan sukacita dan menjadi waktu- waktu perayaan yang menggembirakan bagi kaum Yehuda. Maka cintailah kebenaran dan damai!”

Damai sejahtera Allah akan tumbuh dan menguasai hidup kita apabila kita mengerti akan kebenaran firman Tuhan dan melakukan firman Tuhan dari waktu ke waktu secara terus menerus.

Damai sejahtera berkaitan erat dan berjalan beriringan dengan kebenaran firman Tuhan. Apabila kita mau menumbuhkan damai sejahtera Allah maka kita harus bertumbuh di dalam kebenaran firman Tuhan.

Apakah sebenarnya fungsi dari damai sejahtera Allah?
1. Damai sejahtera ini berfungsi untuk mencegah kita agar tidak mudah menjadi gelisah dan takut.

Yohanes 14:27
Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera- Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

2. Damai sejahtera ini berfungsi sebagai ikatan yang menyatukan kita sehingga kita bisa hidup rukun dan damai satu dengan lainnya.

Efesus 4:3
Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera:

3. Damai sejahtera ini berfungsi untuk menentukan arah hidup kita sebagai orang percaya yang berharap kepada Tuhan

Kolose 3:15
Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

4. Damai sejahtera ini adalah tanda kehadiran dan penyertaan Allah dalam hidup kita.

Roma 16:20
Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!

5. Damai sejahtera ini adalah wadah bagi pemulihan dan mujizat.

Zakharia 8:9-13
Beginilah firman TUHAN semesta alam:”Kuatkanlah hatimu, hai orang- orang yang selama ini telah mendengar firman ini, yang diucapkan para nabi, sejak dasar rumah TUHAN semesta alam diletakkan, untuk mendirikan Bait Suci itu. 10 Sebab sebelum waktu itu tidak ada rezeki bagi manusia, juga tidak bagi binatang; dan karena musuh tidak ada keamanan bagi orang yang keluar dan bagi orang yang masuk, lagipula Aku membuat manusia semua bertengkar. 11 Tetapi sekarang, Aku tidak lagi seperti waktu dahulu terhadap sisa- sisa bangsa ini, demikianlah firman TUHAN semesta alam, 12 melainkan Aku akan menabur damai sejahtera. Maka pohon anggur akan memberi buahnya dan tanah akan memberi hasilnya dan langit akan memberi air embunnya. Aku akan memberi semuanya itu kepada sisa- sisa bangsa ini sebagai miliknya. 13 Dan kalau dahulu kamu telah menjadi kutuk di antara bangsa- bangsa, hai kaum Yehuda dan kaum Israel, maka sekarang Aku akan menyelamatkan kamu, sehingga kamu menjadi berkat. Janganlah takut, kuatkanlah hatimu!”

Tips Praktis Menumbuhkan Damai Sejahtera:

Kolose 2:7
Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

1. Anda harus berakar di dalam Dia

Hendaklah kamu berakar di dalam Dia …” (Kolose 2:7)

Akar adalah bagian yang tidak kelihatan, bersifat rahasia dan tersembunyi. Apa yang kelihatan bukanlah akar.

Kehidupan yang tersembunyi dengan Tuhan, bergaul intim dengan Tuhan dalam doa-doa pribadi, penyembahan yang dalam, menaikkan pujian yang khusus kepada Tuhan, renungan pribadi, nubuatan untuk diri sendiri adalah penting dan sangat diperlukan.

Jika seseorang tidak bisa memelihara kehidupan tersembunyinya dengan Tuhan, maka kehidupannya menjadi lemah di hadapan Tuhan. Orang ini tidak berakar sehingga akan mudah kehilangan damai sejahtera.

Di dalam Matius 6:6, Tuhan Yesus berkata: “tutuplah pintu!”Inilah kehidupan yang tersembunyi, inilah akar!

Tuhan berkata, “Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.” (Matius 6:6)

Doa itu bisa dilihat oleh Bapa. Kita suka berpikir bahwa doa itu harus didengar, tetapi Tuhan Yesus berkata bahwa doa itu selain didengar juga dilihat oleh Bapa. Ketika kita sudah kehabisan kata-kata di hadapan Allah, sikap doa kita pun berharga bagi-Nya.

Berapa banyak kita mempunyai sesuatu yang dapat dilihat oleh Allah dan tidak dilihat oleh orang lain? Seringkah Anda hanya dilihat oleh Allah dan tidak dilihat oleh manusia? Atau apakah semua yang Anda punyai dan lakukan harus terlihat oleh mata manusia?

2. Anda harus memiliki hasrat untuk bertumbuh dan bertambah teguh dalam iman.

dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu” (Kolose 2:7)

Yesaya 26:3
Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada- Mulah ia percaya.

Anda akan melihat iman Anda semakin bertumbuh dan bertambah teguh apabila Anda membangun kebiasaan untuk mempelajari firman; dan melakukan firman Tuhan dari waktu ke waktu secara terus menerus.

3. Anda harus membangun kebiasaan menaikkan nyanyian puji-pujian dan ucapan syukur kepada Tuhan.

hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.” (Kolose 2:7)

Dalam Kitab Nabi Yesaya, Tuhan berfirman:
Aku akan menciptakan puji- pujian. Damai, damai sejahtera bagi mereka yang jauh dan bagi mereka yang dekat– firman TUHAN– Aku akan menyembuhkan dia!” (Yesaya 57:19).

Di mana ada puji-pujian bagi Allah, di situ akan tumbuh damai sejahtera Allah yang berjaga-jaga atas hati dan pikiran kita!

Dengan kata lain, damai sejahtera Allah tumbuh apabila kita mau meluangkan waktu dengan Tuhan setiap hari dalam doa pujian dan penyembahan dan masuk dalam hadirat-Nya.

Tuhan Yesus memberkati