Bacaan: Matius 17:14-21

“Namun, jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.” Matius 17:21

Tema Tahun 2014 adalah Tahun Dibuka-Nya Pintu-Pintu Mujizat!
Atau dengan kata lain, Tahun 2014 adalah Tahun Mujizat.
Jika kita percaya bahwa Tahun 2014 adalah Tahun Mujizat maka kita harus menyiapkan diri sepenuhnya agar siap menyambut datangnya mujizat dalam hidup kita.

Berikut saya ingin menjelaskan Peta Jalan Menuju Mujizat:

Road Map to Miracles: Problems (Crisis) ~> Brokenness ~> passion ~> Power ~> Miracles

Kita perhatikan di sini bahwa Mujizat cenderung didahulu oleh:

  1. Problems atau Krisis.
  2. Problems atau Krisis yang bisa membuat hati menjadi hancur, hidup menjadi susah, menderita, kuatir, takut, bingung, muncul perasaan pedih dan rasa ‘kapok’ semua ini memberikan dorongan yang kuat untuk keluar dari problem atau krisis, saya menyebut keadaan ini dengan istilah “Brokennes.”
  3. Dorongan kuat disertai dengan tindakan untuk mencari Tuhan Yesus disebut “Passion.” Jika Anda mencari Tuhan disertai dengan sebuah “passion,” maka Anda akan berdoa dengan segenap hati disertai dengan “selendang doa (talit)” ditambahkan dengan “perjamuan kudus pribadi” dan “memakai minyak urapan,” Anda tidak cukup berdoa dengan segenap hati, tetapi juga ditambahkan dengan “berpuasa,” dan melakukan tindakan profetik sesuai dengan perintah firman Rhema yang Anda dapatkan (Mazmur 34:19-23).
  4. Ingatlah sebuah firman Tuhan yang mengatakan: “bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.” (Ibrani 11:6). Apakah upah yang diberikan Tuhan?
    Jawabannya adalah Power! Kuasa Tuhan untuk melakukan mujizat! Kuasa Tuhan ada di dalam hadirat Tuhan. Saat Anda mencari Tuhan dengan segenap hati (passion), maka Hadirat Tuhan akan meliputi hidup Anda. Di dalam hadirat Tuhan di sana ada kuasa Tuhan (Kisah 1:8).
  5. Ketika Anda diliputi oleh kuasa Tuhan maka Anda memiliki kuasa untuk melakukan mujizat heran di dalam nama Tuhan Yesus! Di sini kita simpulkan betapa pentingnya hidup di dalam kuasa Allah. Anda harus memiliki kuasa Allah. Tanpa kuasa maka tidak ada mujizat (Lukas 5:17).

Kuasa Allah ada di dalam hadirat Allah. Anda bisa masuk hadirat Allah hanya apabila Anda memiliki “passion” yang kuat untuk mencari Tuhan dengan segenap hati dan Anda mengerti bahwa Keselamatan dan Pertolongan itu adalah dari Tuhan Yesus!

Anda bisa memiliki “passion” yang kuat untuk mencari Tuhan dengan segenap hati, hanya apabila Anda merasakan adanya kehancuran dan kepedihan yang mendalam, yaitu brokennes!
Brokennes itu datang sebagai akibat adanya problems atau Crisis! Jika Anda bisa pelihara “passion” maka Anda bisa hidup di dalam kuasa Allah yang dahsyat, dan Tahun 2014 akan menjadi tahun mujizat bagi Anda!

Di dalam Matius 17 menceritakan kisah seorang ayah yang memiliki seorang putra kerasukan setan yang menderita dengan kejang parah atau sakit ayan. Ia telah berusaha dengan segala upaya untuk menyembuhkan anak bahkan ia telah membawa anaknya itu kepada murid-murid namun murid-murid tidak dapat menyembuhkan anaknya itu. Lalu ia mendengar bahwa Tuhan Yesus sudah dekat dan ia pergi memohon agar Tuhan menyembuhkan anaknya itu.

Ketika anak itu dibawa kepada Yesus, Alkitab berkata bahwa Dia “menghardik dan setan itu pun keluar dari padanya, dan anak itu sembuh seketika itu juga.” (Matius 17:18).
Tapi apa rahasianya? Mengapa para murid tidak bisa mengusir setan itu padahal mereka telah diberikan otoritas atas setan? Yesus mengatakan, “… Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.” (Matius 17:21)

Di sini Tuhan Yesus hendak menjelaskan mengenai betapa pentingnya memiliki belas kasihan atau kemampuan untuk merasakan problems atau krisis dalam hidup orang lain yang sedang mengalami kesusahan dan kepedihan itulah yang disebut “brokennes.”

Di mana ada “brokennes” di sana akan muncul “passion.”
“Passion” inilah yang akan menghasilkan kuasa Allah. Di saat Anda memiliki “passion” maka Anda memiliki kesungguhan atau keseriusan mencari Tuhan untuk mendapatkan petunjuk firman Rhema atau pertolongan Tuhan yang ajaib!

Jika Anda memiliki “passion” maka ibadah dan pelayanan Anda tidak akan biasa-biasa atau ala kadarnya namun Anda akan beribadah dan melayani Tuhan dengan segenap hati dengan segenap kekuatan Anda. Ingatlah power follow passion!

Pada titik “brokennes dan passion” inilah yang ingin diajarkan Yesus agar murid-murid memiliki kuasa yang lebih besar untuk melakukan mujizat, yang antara lain otoritas untuk mengusir setan. Tuhan Yesus berkata, “… Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.” (Matius 17:21).

Karena Dia tahu ada sebuah “jenis” yang tidak bisa diusir dengan cara-cara yang biasa kecuali dengan berdoa dan berpuasa. Anda harus memiliki passion yang kuat untuk memiliki kuasa yang lebih besar, itulah makna perkataan Tuhan Yesus di sini.

Apakah Anda ingin menjadi lebih dekat dengan Tuhan atau membutuhkan terobosan besar dalam hidup Anda, ada jawaban tertentu yang mungkin hanya datang melalui doa dan puasa.

Ini bukan waktunya untuk hidup biasa-biasa di tahun yang baru, ada sebuah tantangan yang tidak biasa; kita harus mempersiapkan diri untuk menyambut segala berkat yang disediakan Tuhan di dalam tahun 2014 ini.

Siapkanlah dan sisihkanlah waktu untuk Tuhan!
Bangunlah keintiman dengan Tuhan!
Dia ingin mencurahkan isi hati-Nya untuk suatu panggilan tugas pelayanan bagi hidup kita.
Ambillah waktu untuk berpuasa!