Pilihlah Tuhan dan Layanilah Dia

1 Tawarikh 12:32
“Dari bani Isakhar orang- orang yang mempunyai pengertian tentang saat- saat yang baik, sehingga mereka mengetahui apa yang harus diperbuat orang Israel: dua ratus orang kepala dengan segala saudara sesukunya yang di bawah perintah mereka.”

Kita memerlukan urapan Isakhar, kemampuan untuk mengerti saat-saat yang baik sehingga kita mengetahui dan dapat membedakan apa yang hatus diperbuat.

Bani Isakhar, orang-orang yang mengetahui saat di mana transisi kepemimpjnan telah beralih dari Raja Saul kepada Raja Daud. Mereka pun mengetahui apa yang hatus diperbuat, mereka tahu harus berada di bawah otoritas Daud agar tujuan dan panggilan Allah digenapi. Mereka memutuskan untuk mengarahkan hati mereka kepada keputusan Tuhan yang telah memilih Daud, sebagai raja.

Sebaliknya Yonatan, anak Saul, gagal, ia berada di tengah-tengah dan menjadi bingung. Yonatan mengetahui bahwa Allah telah memilih Daud, menjadi raja yang telah diurapi. Yonatan ingat perjanjiannya dengan Daud (1 Samuel 18:1-5, 1 Samuel 20:42-43)

Namun sayangnya, Yonatan tidak pernah mau memutuskan untuk mengarahkan hatinya kepada keputusan Tuhan dengan mengikuti Daud dan meninggalkan Saul, ayahnya. Yonatan pulang ke kota, ke istana setelah ia memberitahukan Daud agar melarikan diri dari Saul, ayahnya, yang hendak membunuhnya (1 Samuel 23:18).
Yonatan tewas di tangan orang Filistin. Ia mengakhiri hidupnya dengan kematian yang tragis (1 Samuel 31:2).

Di tengah kisah pemberontakan Korah, Datan, dan Abiram.
Sekali lagi Kita bisa belajar kebenaran firman Tuhan di sini tentang pentingnya mengarahkan hati kepada keputusan Tuhan. Pada saat itu Tuhan berada di pihak Musa, Tuhan membela Musa. Tuhan meminta orang-orang yang mau mengikut Musa supaya mereka menjauhkan diri dari perkemahan Korah, Datan, dan Abiram (Bilangan 16:23-35).

Tahukah Anda bahwa salah satu anak Korah menjauhkan diri dari perkemahan orang tuanya, keluarganya, sebab dia tahu bahwa Tuhan telah memilih Musa untuk mewujudkan panggilan hidupnya.

Apakah upah untuk anak Korah itu?
Tuhan memakai anak Korah yang mempunyai pengertian untuk mengarahkan hati kepada keputusan Tuhan dengan mengikut Musa dan menjauhkan orang tuanya. Tuhan memberikan upah seorang penyembah, mereka menulis Mazmur yang sangat terkenal tentang “Kerinduan Akan Allah” (Mazmur 42-49).
Namanya tidak pernah dihapus Tuhan, sekalipun ada dosa pemberontakan orang tuanya.

Kisah dua orang janda, yaitu Orpa dan Rut.
Keputusan mereka menentukan nasib dan masa depan mereka.
Orpa mencium Naomi, mertuanya dan kembali negerinya Moab.
Rut hatinya terpaut dengan Naomi, mertuanya. Rut mengambil keputusan untuk mengikut Naomi, dan mengikuti Allah Naomi (Ruth 1:14-16).

Anda tahu kisah selanjutnya, keturunan Orpa adalah Goliat dan empat orang raksasa lainnya. Keturunan Rut adalah Raja Daud yang menewaskan Goliat dan keempat raksasa lainnya dari keturunan Orpa. Keputusan Rut mengikuti Naomi dan Allahnya Naomi diberikan upah oleh Tuhan menjadi nenek moyang Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita.

Roh Midian, yaitu roh yang membuat orang kuatir, bimbang dan penuh keraguan. Midian artinya di tengah-tengah! Alkitab mencatat bangsa Midian di zaman Gideon adalah bangsa yang membuat Israel hidup dalam ketakutan, kekuatiran dan kemiskinan (Hakim-Hakim 6:3-6).

Anda harus mengambil keputusan untuk mengikut Tuhan dan melayani Tuhan dengan segenap hati. Anda tidak bisa melayani Tuhan dan melayani mamon. Apabila Anda tidak pernah mengikut Tuhan dengan segenap hati maka kekuatiran, kecemasan dan ketakutan akan datang menekan hidup Anda (Matius 6:24-34).

Nabi Maleakhi bernubuat bahwa Tuhan akan datang dan menampakkan diri seperti “Api tukang pemurni logam.” Allah datang seperti Api untuk memurnikan hati kita, supaya kita menjadi “penyembah yang benar.” (Maleakhi 3:2-3).

Penutup:
Anda harus dipenuhi Roh Kudus supaya Anda bisa membedakan dan mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kehendak Tuhan bagi hidup Anda.

Mintalah Roh Kudus (Lukas 11:13).
Jika Anda menerima Roh Kudus, bergaul intim dengan Roh Kudus maka Anda akan berbuah lebat (Galatia 5:22-23); dan Anda menerima Karunia Roh (1 Korintus 12:8-10).

Hasil Anda dipenuhi Roh Kudus dan bergaul erat dengan Roh Kudus maka Roh Kudus akan menyatakan hal-hal yang tersembunyi dari diri Allah sehingga Anda akan dapat menerima segala berkat yang disediakan Allah bagi Anda (1 Korintus 2:9-10).