Bacaan: Yohanes 11:1-6

Berikut beberapa tips mengalami penggenapan janji Tuhan dalam hidup Anda:

1. TUHAN PUNYA ALASAN MENUNDA DOA ANDA SEBAB DIA MAU MEMBAWA ANDA NAIK KE LEVEL IMAN YAN BARU.

Yohanes 11:5-6

Yesus memang mengasihi Marta dan kakaknya dan Lazarus. Namun setelah didengar- Nya, bahwa Lazarus sakit, Ia sengaja tinggal dua hari lagi di tempat, di mana Ia berada;

Tuhan punya alasan, menunda untuk datang menolong Lazarus. Tuhan mau membawa mereka naik ke level hubungan iman yang baru.

Tuhan yang mengasihi mereka, Tuhan ingin mereka bukan hanya memiliki iman percaya bahwa Tuhan Yesus itu Baik, sehingga mereka pun baik dan suka untuk menjamu Tuhan. Tuhan juga ingin membawa mereka naik ke level hubungan “kasih” yang tulus dan setia.”

Ketika Kasih Allah diresponi dengan percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, maka kita mendapatkan berkat hidup yang kekal karena kita dibebaskan dari hukuman kekal atas dosa (Yohanes 3:16-18).

Namun Ketika Kasih Allah diresponi dengan mengasihi Tuhan Yesus, maka:

  1. Kita akan mendapatkan berkat yang tidak terduga di dalam hidup ini, yaitu: apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, apa yang tidak pernah didengar oleh telinga dan apa yang tidak pernah timbul dari dalam hati (1 Korintus 2:9).
  2. Kita akan mendapatkan berkat “pembalikkan keadaan,” yaitu Allah akan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita (Roma 8:28).
  3. Kita akan mendapatkan berkat Mahkota Kehidupan, yaitu kita yang sabar untuk menderita karena mengasihi Tuhan, karena melayani Tuhan, karena Injil (Yakobus 1:12).

Pada malam Natal ini, mungkin Anda sedang mengalami masalah, kesulitan, kesedihan, dan beban berat dalam hidup Anda. Mungkin Anda sudah datang mencari Tuhan, berdoa dan meminta Tuhan menolong Anda namun Anda belum melihat jawaban dan mujizat itu terjadi. Saya mau beritahukan Anda bahwa Jika Dia belum menolong Anda, bukan karena Tuhan tidak mengasihi Anda tetapi Dia mempunyai alasan…

Lukas 2:10-11

“Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.”

Tuhan ingin membawa Anda naik ke level iman yang baru. Tuhan ingin Anda mempercayai Dia. Tuhan juga ingin Anda mengasihi Dia! Malam Natal ini, Mujizat itu akan terjadi bagi Anda, bagi keluarga Anda, bagi pekerjaan Anda!

2. ANDA HARUS MEMPUNYAI HUBUNGAN BAIK DENGAN TUHAN

Yohanes 11:2

Maria ialah perempuan yang pernah meminyaki kaki Tuhan dengan minyak mur dan menyekanya dengan rambutnya.

Rasanya sulit untuk datang meminta pertolongan, hanya pada saat kita sedang ada dalam kebutuhan. Namun jika kita suka membangun hubungan yang baik, maka kita punya keberanian dan kita punya keyakinan bahwa kita akan mendapatkan pertolongan di saat ada dalam kebutuhan.

Maria memiliki hubungan baik. Ia pernah memberikan sesuatu yang berharga, yaitu hartanya yang sangat mahal dan rambutnya untuk menyeka kaki Tuhan.

Pesan Natal malam ini adalah bangunlah kembali hubungan yang baik dan intim dengan Roh Kudus, Tuhan! Sebab Roh Kudus itulah Imanuel, Allah yang menyertai kita selama-lamanya!

Tuhan Yesus sendiri berkata: “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia kan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. (Yohanes 14:16-17a).

Milikilah saat teduh, beribadahlah dengan rutin dan teratur, layanilah Tuhan, dan usahakanlah dalam setiap percakapan dengan siapa pun sebutlah nama Tuhan, sebutlah kasih dan kebaikan Tuhan, sebutlah keajaiban Tuhan, dan terus kagumi dan banggalah dengan Tuhan Anda.

Apabila Anda memiliki hubungan yang baik dan intim dengan Roh Kudus, sungguh Anda akan melihat kuasa Allah yang ajaib terus bekerja untuk mendatangkan mujizat, berkat dan kemenangan dalam hidup Anda. Apabila Anda memiliki hubungan yang baik dan intim dengan Roh Kudus maka Anda memiliki keberanian untuk datang kepada Tuhan dan Anda percaya bahwa Tuhan akan selalu menjawab doa Anda.

3. ANDA HARUS MENDAPATKAN FIRMAN RHEMA

Yohanes 11:20-23

Ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan- Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah. Maka kata Marta kepada Yesus: “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada- Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada- Nya.” Kata Yesus kepada Marta: “Saudaramu akan bangkit.”

Anda harus mendapatkan firman Tuhan yang berbicara secara pribadi kepada Anda sebab Mujizat biasanya didahului dengan datangnya “firman Rhema.” Firman Rhema itu bisa berupa janji atau perintah untuk dilakukan.

Jika Anda mentaati perintah firman Rhema itu maka Tuhan akan melakukan mujizat-Nya bagi Anda, seberapa cepat Anda menanggapi firman Rhema itu maka secepat itulah Tuhan akan melakukan mujizat bagi Anda.

Firman Rhema itu datang pada saat Anda mencari Tuhan. Firman Rhema itu datang pada saat Anda meminta Tuhan melakukan mujizat bagi Anda. Firman Rhema itulah benih mujizat bagi hidup Anda.

Kisah Yosua berdoa untuk menaklukkan Yeriko, Tuhan memberikan petunjuk perintah-Nya kepada Yosua, kelilingilah tembok sekali selama 6 hari, di hari ke-7 kelilingilah sebanyak 7 kali dan bersoraklah maka tembok Yeriko runtuh, dan Yeriko ditaklukkan!

Kisah Panglima Naaman mencari mujizat kesembuhan, Tuhan memberikan petunjuk perintah-Nya lewat Nabi Elisa, mandilah sebanyak 7 kali di sungai Yordan, maka kusta Naaman menjadi tahir.

Di sini kita bisa melihat percakapan antara Marta dengan Tuhan Yesus. Kita bisa belajar bagaimana Marta mengubah imannya dan naik ke level iman yang radikal.

Yohanes 11:20-22

Ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan- Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah. Maka kata Marta kepada Yesus: “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati…”

Marta belum mengerti alasan Tuhan menunda kedatangan-Nya. Marta di dalam kesedihannya mengucapkan kata-kata yang bernada: “menyesalkan apa yang sudah terjadi” dan nampaknya cenderung “menyalahkan Tuhan Yesus” kenapa datangnya terlambat!

Bukankah di tengah kesulitan, kesedihan, dan beban berat kita pun suka bersikap dan berkata-kata seperti Marta? Kita terus menerus menyesalkan apa yang sudah terjadi, kita menyalahkan diri sendiri, kita menyalahkan orang lain, kita menjadi kecewa kemudian ujungnya kita menyalahkan Tuhan!

Sikap iman seperti ini tidak akan pernah menghasilkan mujizat dan pertolongan Tuhan. Sikap iman seperti ini adalah sikap iman yang mati! Tuhan tidak akan bisa bekerja untuk melakukan mujizat jika Anda memiliki “sikap iman sekiranya” atau “sikap iman kalau saja.”

Namun kabar baiknya adalah bahwa Marta melanjutkan perkataannya, “tetapi sekarang pun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya.”

Di sinilah kita lihat, Marta naik level imannya menjadi iman yang radikal!

Marta berkata: “Sekarang pun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya.”

Iman yang radikal itu adalah iman yang mengerti bahwa Allah akan memberikan apa pun kepada kita apabila kita mempercayai dan mengasihi Tuhan Yesus!
Iman yang radikal itu adalah iman yang mengerti bahwa Allah sanggup untuk membalikkan keadaan Anda, melakukan mujizat bagi Anda sekarang melalui Tuhan Yesus Kristus!
Iman yang radikal itu adalah iman yang mengerti bahwa mujizat kreatif itu masih ada bagi Anda! Mujizat kreatif itu nyata!

Ketika Marta mengubah dari sikap iman yang sekiranya menjadi sikap iman yang radikal, maka Marta mendapatkan firman Rhema! Tuhan Yesus berkata kepada Marta: “Saudaramu akan bangkit.” Kita tahu hasilnya adalah Tuhan membangkitkan saudara Marta, Lazarus dari kematian!

Natal adalah berita kesukaan besar bagi segala bangsa sebab telah lahir bagi kita Juruselamat, yaitu Kristus Tuhan di kota Daud! Ketika Juruselamat itu lahir di hati Anda, maka Anda akan berkata seperti Marta, “Sekarang pun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan segala sesuatu yang aku minta di dalam nama Tuhan Yesus.”

Dan Firman Rhema ini pun datang kepada Anda: “Saudaramu akan bangkit”
“Imanmu akan bangkit!”
“Pengharapanmu akan bangkit!”
“Penyembahanmu akan bangkit!”
“Bisnismu, keuangannmu, pekerjaanmu akan bangkit!”
“Engkau akan bangkit dari kelumpuhanmu sekarang!”
“Kuasa kebangkitan Kristus, di malam Natal ini menyembuhkan segala penyakitmu!”

Di Malam Natal ini, Tuhan Yesus pun berkata kepada Anda: “Saudaramu akan bangkit!”

Selamat Hari Natal.
Tuhan Yesus memberkati