Roma 8:28
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Di dalam ayat ini, “segala sesuatu” artinya semua yang baik, buruk, dan jelek! Namun, segala sesuatu itu bukan berarti semuanya itu berasal dari Allah. Segala sesuatu, seperti kecelakaan, musibah, sakit penyakit, hubungan yang hancur dan perceraian, semuanya ini bukan dari Tuhan. Semuanya itu berasal dari Iblis, si jahat atau berasal bagian dunia yang sudah jatuh di mana kita hidup.

Tetapi ayat ini memberitahukan kita bahwa “Allah turut bekerja dalam segala sesuatu bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Inilah warisan kita sebagai anak-anak yang dikasihi-Nya.

Apakah orang dunia mendapatkan warisan ini? Tidak.
Ketika sesuatu yang buruk terjadi atas hidup mereka, mereka akan menjadi sesuai dengan keadaannya itu, yaitu tetap menjadi buruk keadaannya.

Namun ketika sesuatu yang buruk terjadi atas kehidupan anak-anak Tuhan, maka itu bukan akhir dari segalanya. Sebab Tuhan turut bekerja di dalam situasi yang buruk itu untuk mendatang kebaikan bagi hidup kita.

Dengan kata lain, Iblis mungkin melemparkan “durian” ke atas hidup Anda, namun Tuhan dapat mengambilnya dan mengolahnya menjadi juice dan dodol durian bagi Anda.

Jika Anda mengalami PHK, percayalah bahwa Tuhan, yang bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan, telah menyiap pekerjaan yang lebih baik bagi Anda.
Saya sudah mendapatkan beberapa kesaksian tentang hal ini, mereka yang mengalami PHK, justru mendapatkan pekerjaan dan gaji yang lebih baik, beberapa beralih menjadi pengusaha sukses.

Penting untuk diingat bahwa Tuhan tidak pernah merancangkan atau berada di balik sesuatu yang buruk. Tetapi ketika hal-hal buruk itu terjadi, ketahuilah bahwa Tuhan turut bekerja dalam hidup Anda untuk mendatangkan kebaikan.

Dan janganlah izinkan siapa pun untuk memberitahu Anda bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan hanya apabila Anda mengasihi Tuhan dan Anda dipanggil sesuai dengan rencana-nya. Kedua hal itu bukanlah persyaratan agar Tuhan turut bekerja dalam hidup kita tetapi kedua hal itu adalah penjelasan tentang orang percaya.

Orang yang percaya adalah mereka yang mengasihi Tuhan karena mereka mengerti tahu bahwa Tuhan telah mengasihi lebih dahulu (1 Yohanes 4:19). Orang yang percaya adalah mereka dipanggil sesuai dengan rencan-nya karena mereka telah lahir baru dan telah menjadi milik pusaka-Nya.

Oleh karena kita telah lahir baru, maka Allah akan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk kebaikan bagi kita. Inilah warisan kita sebagai anak-anak Allah!