Hiduplah Sesuai Penghasilan Anda

Ketika pengeluaran Anda lebih besar dari pada penghasilan maka Anda akan mengalami stress atau tekanan keuangan. Alkitab berkata, “Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya.” (Amsal 21:20).

Apakah hidup kita didorong hanya untuk mengejar dan menumpuk harta kekayaan? Mengapa pengeluaran Anda dibiayai oleh hutang? Apakah Anda benar-benar puas dengan apa yang Anda miliki?

Ada 3 (tiga)mitos yang mendorong kita selalu berhutang:

1. Mitos: Mempunyai lebih banyak uang atau harta akan membuat saya menjadi lebih bahagia.

Faktanya: “Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Dengan bertambahnya harta, bertambah pula orang-orang yang menghabiskannya. Dan apakah keuntungan pemiliknya selain dari pada melihatnya? (Pengkhotbah 5:10)

2. Mitos: Mempunyai lebih banyak uang atau harta akan membuat saya menjadi lebih penting

Faktanya: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah bergantung daripada kekayaannya itu.” (Lukas 12:15)

3. Mitos: Mempunyai lebih banyak uang atau harta kekayaan akan membuat saya menjadi lebih aman.

Faktanya: “Nama Tuhan adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat. Kota yang kuat bagi orang kaya ialah hartanya dan seperti tembok yang tinggi menurut anggapannya.” (Amsal 18:10-11)

Apabila kita mempercayai ketiga mitos di atas, maka pengeluaran kita akan selalu lebih besar (overspend).

Berikut ini adalah tips bagaimana menikmati hidup dengan lebih baik:
1.Temukanlah kebahagiaan dengan menolong orang lain.

Tuhan Yesus berkata, “Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.” (Kisah 20:35).

Pandanglah sekeliling Anda dan Anda akan melihat kebenaran. Orang yang paling berbahagia adalah mereka yang menolong banyak orang, bukan orang yang memiliki paling banyak. Orang yang kikir adalah orang yang menyedihkan.

2. Temukanlah rasa berharga Anda dengan mengenal Tuhan.

Tuhan berkata, “Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku mengasihi engkau,…” (Yesaya 43:4).

Anda berharga di mata Tuhan. Dia menciptakan Anda untuk suatu tujuan. Kita bisa mengetahui bahwa kita berharga dan penting lewat hubungan dan persekutuan dengan Tuhan.

3. Temukanlah rasa aman dengan mempercayai Tuhan, bukan saldo uang Anda di bank.

Alkitab berkata, “Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.” (Ibrani 13:5).

Rasa aman sejati yang tidak akan pernah bisa diambil dari Anda hanya ditemukan jika Anda mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat Anda.