Ayub 21:14-19

Saya ingin mengajarkan kembali betapa pentingnya berdoa dalam artian: doa, pujian, penyembahan sampai masuk hadirat Tuhan.

Sebab dalam hadirat Tuhan itu, ada kuasa Tuhan atau urapan-Nya. Dalam kuasa-Nya atau pengurapan, di situ ada kemenangan dan doa yang penuh kuasa (Mazmur 20:7).

Itulah sebabnya betapa pentingnya kuasa Allah atau pengurapan dalam hidup kita.

Urapan itu ada di dalam hadirat Tuhan. Anda bisa masuk hadirat Tuhan oleh karena Roh Kudus membawa Anda masuk ke hadirat-Nya saat Anda berdoa, memuji dan menyembah Tuhan.

Saya berharap kita semuanya tidak ada satu menit pun keluar dari hadirat-Nya, saya berharap kita semua hidup dalam hadirat-Nya, kita semuanya menyadari kehadiran Tuhan, penyertaan Tuhan dalam hidup kita. Sebab itulah yang terpenting! Jalan satu-satunya masuk hadirat Tuhan dengan BERDOA!

Kitab Ayub 21:16-19 menjelaskan kepada kita beberapa pewahyuan tentang betapa pentingnya berdoa dan apa akibatnya jika seseorang tidak berdoa dan beribadah kepada Allah.

1. Ayub 21:16,
Pada saat seseorang berhenti berdoa pada saat itulah ia menjadi orang bodoh dan bebal. Ia tidak memiliki nasehat.

Alkitab mengatakan “Rancangan orang fasik adalah jauh dari padaku.”

Anda akan membuat keputusan yang salah jika ia kurang berdoa. Di saat Anda berhenti berdoa, Anda akan mengalami kebingungan, Anda tidak tahu mana yang benar dan mana yang salah. Anda tidak tahu arah tujuan hidup Anda. Hidup Anda dikuasai kegelapan, kebingungan dan kekacauan.

Jika Anda berdoa, doa membersihkan atmosfer; doa memberikan Anda pikiran yang jernih; doa memberikan arah tujuan hidup yang jelas bagi Anda; sebaliknya jika Anda tidak berdoa Anda tidak tahu apa yang selanjutnya harus Anda lakukan.

Keputusan Anda menjadi keputusan yang keliru; keputusan Anda membuat Anda kehilangan uang; membuat Anda menyesal; keputusan bisnis yang salah akan mengakibatkan kebangkrutan.

Mengapa? Karena tidak berdoa maka Anda tidak punya petunjuk dan arah yang jelas. Di saat seseorang tidak berdoa, di saat itu tidak ada berkat karena tidak ada nasehat.

2. Ayub 21:17
Di saat seseorang berhenti berdoa, di saat itulah pelitanya padam.

Alkitab berkata:
“Betapa sering pelita orang fasik dipadamkan,…”
Saya tidak mau pelitaku padam.

Di saat seseorang berhenti berdoa, di saat itu tidak akan ada terang. Kegelapan mengambilalih hidupnya dan iblis bergerak masuk ke dalam hidupnya, sebab Iblis hidup dalam kegelapan bukan di dalam terang.

Di saat Anda membangun atmosfer kegelapan, di saat itulah iblis masuk. Iblis tidak bisa berfungsi dan bekerja di dalam terang hadirat Allah; ia hanya berfungsi dalam kegelapan. Di saat Anda tidak berdoa, di saat itu iblis masuk sebab pelita Anda telah padam.

Itulah sebabnya mengapa iblis menekan dan mengintimidasi sehingga banyak orang menjadi stress sebab pelita mereka padam; kegelapan menguasai hidup mereka.

Saat Elia berdoa (menyembah), Tuhan berbicara kepadanya dan ia disembuhkan dari depresi (1 Raja-Raja 19:13)

3. Ayub 21:17
Tidak berdoa, tidak ada perlindungan
.

Alkitab berkata: “Kebinasaan menimpa mereka, dan kesakitan dibagikan Allah kepada mereka dalam murka-Nya.” (Ayub 21;17)

Di saat seseorang berhenti berdoa, maka tidak akan ada nasehat dan arah tujuan hidupnya;
Di saat seseorang berhenti berdoa, maka pelitanya dipadamkan, kegelapan menguasai hidupnya, tidak ada terang hadirat Allah, tidak merasakan penyertaan Tuhan.

Di saat seseorang berhenti berdoa, maka tidak ada perlindungan! “Betapa sering kehancuran dan kesakitan menimpa mereka.”

Di saat Anda suka berdoa, Tuhan akan suka berbicara dan memberikan firmanNya tuntunanNya kepada Anda.
Di saat Anda suka berdoa, terang hadirat Tuhan menguasai hidup Anda, Ada sukacita, damai sejahtera, jaminan yng pasti dan keyakinan yang teguh.
Di saat Anda suka berdoa, akan ada perlindungan dalam hidup Anda dan keluarga Anda dari kuasa gelap.

4. Ayub 21:18
“Mereka yang tidak berdoa, seperti sekam yang diterbangkan badai.”

Mereka yang tidak berdoa, tidak memiliki daya tahan menghadapi badai kehidupan; mereka dengan mudah diterbangkan badai; terbuang dan terhilang, HABIS!

Apa pun yang telah dikerjakannya,
Apa pun yang telah dikumpulkannya,
Apa pun yang telah dicapainya,
Di saat badai datang maka “semuanya itu” dengan mudah diterbangkan dan habis lenyap begitu saja!

Cobalah Anda lihat dan perhatikan apa yang dikatakan oleh Pemazmur dalam Mazmur 84:11, “lebih baik 1 hari dipelataran-Mu daripada 1000 hari (3 tahun) di tempat lain,…”

Satu hari di pelataran Tuhan (kehidupan yang suka berdoa, suka beribadah dan suka berada di hadirat-Nya, kehidupan yang suka mengikuti petunjuk firman Tuhan) mampu memberikan hasil yang lebih baik daripada 1000 hari di tempat lain (hidup yang sibuk, repot, tanpa doa, di luar Kristus, di luar hadirat Tuhan, hidup mengandalkan kekuatan sendiri).

Hasil kerja Anda dalam hadirat-Nya adalah hasil kerja yang diberkati Tuhan; Jika hasil kerja Anda diberkati Tuhan maka hasil kerja itu akan AWET sebab hasil kerja Anda itu dilindungi, dipelihara dan dilipatgandakan oleh Tuhan.

Sebaliknya hasil kerja di luar Tuhan (tanpa doa, tanpa petunjuk firman) adalah hasil yang tidak diberkati, tidak punya DAYA TAHAN, tidak AWET!

Alkitab berkata: “Seperti jerami di depan angin, seperti sekam yang diterbangkan badai.”

Hasil kerja di luar Tuhan itu: tidak ada perlindungan, tidak ada pemeliharaan, mudah hilang dan lenyap ditiup badai!

5. Ayub 21:19
Di mana tidak ada doa, di sana tidak ada pengampunan
.

Alkitab berkata: “Bencana untuk dia disimpan Allah bagi anak-anaknya. Sebaiknya, orang itu sendiri diganjar Allah, supaya sadar.”

Tanpa pengakuan dosa, tidak akan ada pengampunan dosa, tidak akan ada belas kasihan Tuhan.

Saat Anda berdoa dan masuk hadirat Allah, Anda dijamah Roh Kudus maka Anda bisa mengenali dosa, lalu mengakui dosa Anda maka Anda menerima pengampunan dosa dan belas kasihan Tuhan, selanjutnya Anda akan diluputkan Tuhan dari bencana dan murka Tuhan. Anda dan anak2 Anda menjadi orang-orang yang diberkati Tuhan.

Ayub 21:14-15
Adalah perkataan orang yang tidak berdoa, mereka menjadi orang yang tidak punya rasa takut dan hormat kepada Tuhan.

Orang yang tidak takut Tuhan; dan tidak punya rasa hormat kepada Tuhan adalah orang yang tidak berdoa (Ayub 15:4)

Orang yang tidak takut Tuhan adalah orang yang tidak punya kerinduan dan gairah lagi kepada Tuhan;
Orang yang berhenti berdoa, adalah orang bebal, orang yang tidak punya pengetahuan (Mazmur 14:1-7)

Orang yang tidak berdoa, orang itu tidak takut akan Tuhan; ia tidak punya kerinduan dan gairah akan Tuhan; orang ini tidak punya pengetahuan akan Tuhan;
Sebaliknya, orang yang berdoa dibuktikan dengan: adanya rasa takut dan hormat akan Tuhan; ada kesenangan tinggal dalam hadiratNya dan suka akan firmanNya; orang yang suka berdoa memiliki pengenalan akan Tuhan dan memiliki hikmat Allah. (Mazmur 14:2)

Ada janji luar biasa bagi Anda di sini yang suka berdoa:

Ayub 28:7-8
Ada jalan ke sana tidak dikenal seekor burung buas pun (iblis, roha jahat) dan mata elang tidak melihatnya. Iblis tidak mengetahui jalan ke sana!

Itulah tempat perlindungan, tempat perhentian yaitu hadirat Tuhan! Jalan ke sana hanya melalui DOA!

Amsal 27:12 “Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia (berdoa, menyembah, masuk hadirat Tuhan, tempat perlindungan) tetapi orang yang tidak berpengalaman (bodoh, bebal, orang yang tidak suka berdoa dan menyembah) berjalan terus, lalu kena celaka.

Anda tahu keadaan hari-hari ini, goncangan sedang terjadi, penyesatan merajalela, iblis dan roh jahat membuat anak-anak Tuhan kecewa dan terluka supaya pergi meninggalkan Tuhan dan terhilang!
Itulah malapetaka!

Inilah waktunya untuk lebih banyak lagi berdoa, menyembah masuklah hadirat Tuhah, itulah tempat perlindungan! Iblis tidak bisa menyentuh Anda di sana!

Rasul Paulus berkata: “Tetapi aku melatih tubuhku (dagingku) dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.” (1 Korintus 9:27)

Rasul besar ini sedang berbicara tentang DOA. Saat ia berdoa, ia sedang melatih tubuhnya (dagingnya) untuk takluk kepada kehendak Roh, supaya dia yang telah memulia dengan Roh, dan dia pun bisa mengakhirinya dalam Roh!

Bagaimana caranya berdoa dengan efektif?
Matius 6:6
“Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

Jika Anda berdoa Anda harus berfokus berdoa kepada Bapa (bertemu dengan Tuhan dalam hadirat-Nya), oleh karena itu diperlukan Konsentrasi dan fokus ( masuk kamar dan tutup pintu) artinya, semua yang bisa menggangu Anda berdoa harus diatasi dulu seperti gangguan bunyi hape, terburu-buru karena ada janji atau mau mengerjakan sesuatu.

Maranatha, Yesus datanglah!