Ada kekuatan dan kuasa dalam ucapan syukur, Ucapan syukur adalah salah satu cara untuk mengaktifkan iman. Iman selalu berkaitan erat dengan hati yang bersyukur. Saya percaya bahwa Anda pasti telah mengalami kebaikan Tuhan yang nyata sepanjang tahun ini.
Ada banyak alasan untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan.

Daud menulis sebuah Mazmur 103, untuk mengingat kebaikan Tuhan dan mengucapsyukur.

Ada beberapa hal yang terjadi dalam ucapan syukur:
1. Semakin hati Anda berlimpah dengan syukur maka semakin besar kebaikan Tuhan akan dicurahkan ke atas hidup Anda.

Berkat dan kebaikan Tuhan itu seumpama air di dalam sebuah “bak penampungan air” yang besar, iman Anda seumpama “saluran pipanya” untuk mengalirkan air tersebut, dan ucapan syukur adalah “kran pembuka” airnya.

Semakin hati Anda berlimpah dengan ucapan syukur semakin besar iman Anda, dan semakin besar iman Anda semakin besar berkat dannkemurahan Tuhan yang dialirkan ke dalam kehidupan Anda.

Alkitab berkata:
“Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan- Nya!” (Mazmur 103:2)

Cara mengingat kebaikan Tuhan adalah dengan mengganti kata-kata keluhan kesah, sungut-sungut, kata-kata yang kasar dan suka menuntut, memaksakan kehendak sendiri, diganti dengan kata-kata doa syafaat dan ucapan syukur kepada Tuhan.

2. Ucapan syukur akan mengubah sikap dan cara pandang kita dari sikap egois yang mementingkan diri sendiri kepada sikap kasih Tuhan.

Mengucapsyukur bukan mengubah Tuhan tetapi justru mengubah diri kita. Ucapan syukur mengubah sifat kita yang egois menjadi sikap yang menaruh kasih dan harap kepada Tuhan. Sifat egois cenderung kasar, arogan, suka menuntut, memaksakan kehendak sendiri, dan melukai diri sendiri. Oleh sebab itu Sikap egois hanya akan membawa kepada kekecewaan, kemarahan, dan keputusasaan.

Saat Anda melatih diri dan belajar mengucapsyukur; dengan mengingat kebaikan Tuhan maka Roh Kudus akan mengubah fokus Anda dari diri sendiri kepada Tuhan; dari masalah kepada solusi atas masalah Anda.

Kebanyakan dari kita cenderung mencari hal-hal yang negatif, kelemahan, kekurangan lalu membuat daftar dakwaan dan tudingan kemudian menjatuhkan vonis bersalah kepada orang lain, kepada situasi dan keadaan, atau kepada diri sendiri.

Kita perlu belajar dan melatih “mengucap syukur.” Mengucap syukur adalah skill, yang dapat dipelajai dan dilatih. Caranya melatihnya: Cobalah melihat dan carilah hal-hal yang positif, hal-hal yang baik, dan hal-hal sedap untuk didengarkan lalu mulailah ucapkan syukur kepada Tuhan, dan sembahlah Dia.

Setiap kali Anda menerima gaji atau THR ucapkan terima kasih kepada atasan atau boss Anda.
Setiap kali Anda mendapat kotbah firman Tuhan atau nasehat-nasehat ucapkanlah terima kasih.
Setiap kebaikan, pemberian, perhatian yang diberikan oleh orang lain kepada Anda, coba belajarlah ucapkan terima kasih.

Betapa besar dan Ajaibnya kuasa ucapan syukur itu. Saat Yesus membangkitkan Lazarus, sahabat-Nya Yesus menaikan ucapan syukur kepada Allah (Yohanes 11:40-44).

Kisah ini menyatakan kebenaran bahwa
Tanpa ucapan syukur Anda tidak akan melihat kemuliaan Allah dinyatakan.
Ucapan syukur adalah bukti dari orang percaya.
Ucapan syukur adalah syarat mutlak untuk melihat kemuliaan Allah (keajaiban dan mujizat Allah).
Sebab ucapan syukur adalah salah satu cara membangun “atmosfer Kerajaan Allah.”

3. Ucapan syukur melahirkan mujizat pelipatgandaan

Saat Yesus memberi makan 5.000 orang laki-laki, Alkitab berkata Yesus mengucap syukur dengan 5 ketul roti dan 2 ekor ikan dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ. (Yohanes 6:11-14)

Ucapan syukur melahirkan mujizat pelipatgandaan.

Kisah ini menyatakan kebenaran bahwa apa pun yang ada di tangan Anda, atau apa pun milik Anda pakailah itu dengan hati yang melimpah dengan ucapan syukur, Allah akan melipatgandakannya dan mencukupi segala kebutuhan Anda menurut kekayaan dan kemuliaanNya di dalam Kristus Yesus.

Ucapan syukur berkaitan dengan kemurahan hati.
Ucapan syukur seringkali disertai dengan pemberian persembahan. Jika Anda ingin membangun atmosfer pelipatgandaan, Anda harus menaikan ucapan syukur dan sertailah dengan tindakan memberi yang murah hati.

Setelah Yesus mengambil roti itu mengucapsyukur lalu Yesus membagi-bagikan roti itu kepada orang-orang yang lapar (membutuhkannya), lalu Mujizat Pelipatgandaan terjadi!
Inilah tindakan iman yang didorong oleh kasih dan belas kasihan.

Apabila sesuatu yang ada di tangan Anda tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda, maka belajarlah dan latihlah diri Anda untuk menjadi itu sebagai “benih” untuk ditabur dengan hati yang melimpah dengan syukur sesuai dengan petunjuk perintah Tuhan. Anda akan melihat kuasa Allah bekerja dalam hidup Anda.

Saat kita membangun gedung sekolah minggu dan mess saldo uang pembangunan kita sebesar Rp 30 juta. Selesai doa pagi jam 6 di hari Selasa, Roh Kudus mengingatkan saya untuk memberikan Rp20 juta dari uang pembangunan itu untuk salah satu gereja di Kenten yang sedang membangun. Roh Kudus berkata: “dari sisanya Rp10 juta, kamu mulai membangun, Aku akan mencukupi segala kebutuhanmu sampai selesai pembangunannya.”
Dalam tempo kurang dari 2 tahun, gedung tersebut selesai terbangun dan tanpa hutang!

Bukan seberapa banyak yang bisa Anda ‘tumpuk dan kumpulkan’ yang dapat membuat Anda berbahagia, namun seberapa banyak yang bisa Anda ‘syukuri dan bagikan’ itulah yang akan membuat Anda semakin besar, semakin bersukacita, semakin kuat dalam pengaruh dan melimpah dengan kebaikan Tuhan.

4. Ucapan syukur mempercepat datangnya pemulihan atas pergumulan hidup Anda

Saat Daud berada di dalam Gua Adulam bersama-sama dengan orang-orang yang bermasalah, ia mendapatkan pewahyuan tentang kebenaran dari ucapan syukur.

Mazmur 57:7-11
(57- 8) Hatiku siap, ya Allah, hatiku siap; aku mau menyanyi, aku mau bermazmur. 8 (57- 9) Bangunlah, hai jiwaku, bangunlah, hai gambus dan kecapi, aku mau membangunkan fajar! 9 (57- 10) Aku mau bersyukur kepada- Mu di antara bangsa- bangsa, ya Tuhan, aku mau bermazmur bagi- Mu di antara suku- suku bangsa; 10 (57- 11) sebab kasih setia- Mu besar sampai ke langit, dan kebenaran- Mu sampai ke awan- awan. 11 (57- 12) Tinggikanlah diri- Mu mengatasi langit, ya Allah! Biarlah kemuliaan- Mu mengatasi seluruh bumi

Ucapan syukur “menyiapkan hati” Anda untuk menerima berkat dan kebaikan Tuhan dalam hidup Anda. Ucapan “syukur menyiapkan hati” Anda untuk menyambut datangnya “fajar pemulihan” atas pergumulan hidup Anda.

Cukup lama kami menantikan Tuhan memberikan kami keturunan. Selama masa penantian itu, banyak jemaat yang mandul menjadi hamil setelah kami doakan. Mereka memberitahu kabar sukacita itu, namun hati saya bukannya senang malahan sedih.

Mengapa Tuhan belum memberikannya kepada kami?
Memang mudah menangis bersama dengan orang yang berduka, namun sulit bergembira bersama dengan orang yang sukacita apalagi kita belum mendapatkannya.

Tuhan mengingatkan saya bahwa jika kamu bisa ikut bergembira bersama dengan orang yang bersukacita, hatimu bisa melimpah dengan ucapan syukur kepada Tuhan yang telah berbuat baik kepada mereka, maka berkat yang sama akan diberikan Tuhan juga kepada kamu.

Saya belajar mengucap syukur, saya belajar bersukacita bersama dengan teman-teman yang bersukacita dengan kelahiran anak mereka.

Tepat pada tanggal 25 Desember 2002 anak pertama kami lahir, namanya: Hadassah Graciella Deborah Tandi. Sebuah Kado Natal Spesial buat keluarga kami.

Daud menulisnya dalam Kitab Mazmur tentang kuasa ucapan syukur ini di saat ia mengalami pergumulan berat dalam hidupnya bersama-sama orang yang bermasalah dalam hidupnya.

Penutup:
Mengucap syukur adalah skill, atau keterampilan. Oleh karena Mengucap syukur adalah sebuah skill, atau keterampilan maka mengucap syukur itunbisa dipelajari dan bisa dilatih.
Latihlah dan belajarlah bersyukur dengan menaruh perhatian kepada kasih, kebaikan dan kemurahan Tuhan atas hidup kita.

Ingatlah satu per satu kebaikan Tuhan lewat orang-orang di sekitar kita, cobalah bawa itu dalam doa syukur kepada Tuhan; ucapan terima kasih Tuhan Yesus. Kita perlu melihat ke belakang untuk menghitung berkat-berkat Tuhan dan kebaikan Tuhan sepanjang tahun ini.

Kita perlu datang kepada Tuhan Yesus untuk bersyukur, berterima kasih atas semua perkara, semua berkat, semua kebaikan, kelahiran anak, pemberkatan nikah, promosi, multiplikasi, kesembuhan, pemulihan dan sebagainya.