Yang Terbesar adalah Kasih

1 Korintus 13:13
Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

KASIH adalah PERINTAH UTAMA Tuhan Yesus Kristus.

Matius 22:37-38
Jawab Yesus kepadanya:”Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

KASIH juga adalah sebuah PERINTAH BARU.

Yohanes 13:34
Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

ALASAN mengapa harus saling MENGASIHI:
1. Tanpa KASIH, semua yang kita KATAKAN seperti gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.

1 Korintus 13:1
Sekalipun aku dapat berkata- kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.

Kata-kata tanpa kasih, hanya sebuah suara berisik.
Kasih membuka hati tiap orang yang mendengarnya.
Bukankah setiap kita hanya mau mendengarkan dan menanggapi kata-kata yang mengandung kasih?

2. Tanpa KASIH, semua yang kita KETAHUI sama sekali tidak ada gunanya.

1 Korintus 13:2
Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.

Pengetahuan tanpa kasih hanya menimbulkan kesan hebat, namun jika ditambah dengan kasih maka pengetahuan itu bermanfaat untuk MEMBANGUN.

Orang tidak peduli dengan seberapa banyak yang Anda ketahui, sampai mereka mengerti seberapa besar kepedulian Anda terhadap mereka.

3. Tanpa KASIH, semua yang kita YAKINI (iman) tidak akan ada gunanya.

1 Korintus 13:2
Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.

Ingatlah, iblis pun sangat percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah tetapi dia tidak pernah mau bertobat, dia tidak punya kasih, dia tetap melakukan kejahatan.

Yakobus 2:14-17
Apakah gunanya, saudara- saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia? Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari- hari, dan seorang dari antara kamu berkata: “Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Yakobus 4:17
Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

4. Tanpa KASIH, semua yang kita BERIKAN tidak ada faedahnya.

1 Korintus 13:3
Dan sekalipun aku membagi- bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

Hidup Sukses tanpa kasih adalah kehidupan yang kosong dan kering. Hubungan baik yang saling mengasihi jauh lebih berarti daripada sebuah prestasi, sukses namun tidak ada kasih di dalamnya. Keluarga hancur tanpa kasih sekali pun telah meraih sukses dalam keuangan.

Suatu hari kelak Tuhan akan memguji hidup kita. Dia akan menaruh ukuran seberapa besar prestasi, sukses, dan kekayaan Anda namun sebaliknya Tuhan akan melihat bagaimana Anda membangun hubungan dalam hidup Anda?

Ada 3 kebenaran lain yang powerful tentang KASIH.
1. KASIH adalah sebuah PILIHAN.

1 Korintus 13:4-7
Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

Anda dapat memilih untuk hidup dalam kasih atau tidak? Saran saya: kita harus hidup dalam kasih Allah. Jika kita memilih hidup dalam kasih maka kita beroleh hidup kekal.

1 Yohanes 3:14
Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut.

2. KASIH adalah sebuah PENGORBANAN.

Kata pertama KASIH (LOVE) di Alkitab, jika Anda cari kata Love dalam bahasa Inggris maka Anda menemukan sebuah Ayat di dalam Kitab Kejadian 22:2 yaitu sebuah kisah Abraham yang mengorbankan Ishak, anak yang kasihinya.

Kejadian 22:2
Firman- Nya:”Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.”

Jika Anda mengasihi Tuhan, dan hidup dalam kasih Tuhan maka hidup Anda akan selalu diwarnai dengan kemurahan hati dan kerelaan hati untuk berkorban demi nama Tuhan dimuliakan.

3. KASIH adalah sebuah PELAYANAN kepada orang lain.

Filipi 2:4-5
dan janganlah tiap- tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

Kebutuhan dan kepentingan siapa yang Anda akan layani hari ini? Luka-luka hati siapa yang Anda akan sembuhkan hari ini? Siapakah yang Anda akan bantu sekarang ini? Adakah Anda memiliki belas kasihan untuk berdoa syafaat bagi orang-orang yang terhilang?

Matius 25:34-36
Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku.

Tuhan Yesus memberkati