Urapan Samuel meliputi beberapa aspek:
1. Urapan Kebenaran.

1 Samuel 7:3-4
3 Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian:”Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah- tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada- Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.” 4 Kemudian orang- orang Israel menjauhkan para Baal dan para Asytoret dan beribadah hanya kepada TUHAN.

Seluruh bangsa Israel bertobat dan berbalik kepada Tuhan Allah dengan meninggalkan semua berhala dan dewa-dewa asing, Asytoret setelah Samuel menyampaikan firman Allah kepada mereka.

Akibat pertobatan Israel maka Allah memulihkan bangsa itu; Allah memberikan pemeliharaan, berkat dan pembebasan atas musuh-musuhnya.Tanpa pertobatan tidak ada pemulihan: pemulihan datang setelah ada pertobatan; sikap hati yang berbalik dan mempercayai Tuhan Yesus Kristus.

Smith Wigglesworth pernah berkata, “Bilamana kita tidak membenci dosa dan kejahatan maka kita tidak berguna bagi pekerjaan Tuhan dan kita tidak pernah bertumbuh di dalam Kristus, sebab kita tidak pernah aman hidup dalam dosa.”

Smith Wigglesworth adalah seorang yang dipakai Allah pada generasinya; ia telah membawa banyak orang kepada Kristus untuk diselamatkan jiwanya; disembuhkan sakit penyakitnya; dibalut luka-luka hatinya dan beberapa orang yang telah mati dibangkitkan melalui doa-doa dan pelayanannya. Smith mengetahui kunci untuk hidup dalam kuasa dan mujizat Allah yaitu dengan mempercayai firman Allah secara utuh; hidup dalam kebenaran dan kekudusan.

Saya percaya bahwa urapan Samuel inilah yang akan memberikan kuasa untuk menghancurkan dosa dan kejahatan sehingga kita dapat hidup dalam kebenaran dan kekudusan. Urapan ini akan mendorong lahirnya gerakan kekudusan yang bekerja di dalam kehidupan banyak orang dan keluarga-keluarga.

Ketika gereja diurapi Roh Kudus dengan karakteristik Samuel, maka gereja memiliki otoritas untuk menyingkirkan dosa dan kejahatan; gereja akan hidup dalam kebenaran dan kekudusan; dengan demikian maka gereja akan memiliki kuasa untuk merebut dan mempengaruhi kota dan bangsa.

Melalui Urapan Samuel, Gereja sedang memasuki tuaian besar dimana banyak orang akan dibawa kepada Kristus untuk diselamatkan jiwa mereka; disembuhkan sakit penyakit mereka; dibalut hati mereka yang terluka bahkan Allah akan memakai gereja untuk membangkitkan orang yang sudah mati.

Gereja Tuhan membutuhkan urapan Roh Kudus untuk mendemonstrasikan kuasa Injil kepada dunia. Urapan Roh Kudus dengan karakteristik Samuel yang sedang dicurahkan kepada gereja-Nya saat ini.

2. Urapan Doa yang penuh kuasa

1 Samuel 7:8-9
8 Lalu kata orang Israel kepada Samuel:”Janganlah berhenti berseru bagi kami kepada TUHAN, Allah kita, supaya Ia menyelamatkan kami dari tangan orang Filistin itu.” 9 Sesudah itu Samuel mengambil seekor anak domba yang menyusu, lalu mempersembahkan seluruhnya kepada TUHAN sebagai korban bakaran. Dan ketika Samuel berseru kepada TUHAN bagi orang Israel, maka TUHAN menjawab dia.

Seluruh bangsa Israel memohon agar Samuel tidak berhenti berdoa bagi mereka karena mereka mengetahui bahwa Samuel begitu dekat dengan sorga; apapun yang dimintanya Allah pasti mendengar dan mengabulkannya. Samuel memiliki urapan doa yang luar biasa.

Saya berdoa dan berharap bahwa suatu hari kelak; orang-orang dunia akan memohon agar gereja berdoa bagi mereka kepada Tuhan. Sebab mereka mengetahui bahwa gereja begitu dekat dengan sorga; apapun yang diminta oleh gereja maka Allah Pencipta alam semesta pasti menjawab doa-doa yang dipanjatkan gereja bagi mereka.

3. Urapan Teritorial.

1 Samuel 7:13-14
13 Demikianlah orang Filistin itu ditundukkan dan tidak lagi memasuki daerah Israel. Tangan TUHAN melawan orang Filistin seumur hidup Samuel,
14 dan kota- kota yang diambil orang Filistin dari pada Israel, kembali pula kepada Israel, mulai dari Ekron sampai Gat; dan orang Israel merebut daerah sekitarnya dari tangan orang Filistin. Antara orang Israel dan orang Amori ada damai.

Urapan Samuel menudungi suatu daerah secara geografis; oleh karena kehidupan Samuel mengendalikan iklim rohani Israel pada saat itu sehingga roh takut akan Tuhan meliputi seluruh wilayah Israel saat itu dan semua kekuatan musuh ditahan agar tetap berada di luar perbatasan Israel.

Suatu hari kelak, gereja akan berfungsi sebagai penguasa teritorial; gereja menjadi kekuatan yang bukan hanya menguasai alam rohani tetapi juga alam nyata sehingga tidak ada landasan bagi Iblis untuk mengikat masyarakat di sekitar wilayah teritorial gereja.

Kansas City tidak pernah mengenal orang kecanduan alcohol di masa hidup kakek Pendeta Tommy Barnett – menurut kesaksian banyak orang saat itu.

Saat Charles Finney datang ke sebuah kota maka kota tersebut diliputi roh takut akan Allah dan banyak orang tertemplak akan dosa-dosa mereka. Saya berdoa, suatu hari kelak kehadiran orang Kristen dan gereja akan membawa roh takut akan Allah sehingga membawa orang berdosa bertobat.

Saya mendengar kesaksian bahwa daerah sekitar jalan Perintis Kemerdekaan lokasi kantor sekretariat gereja kita yang lama adalah tempat jual beli narkoba dan minuman keras; angka kriminalitas cukup tinggi namun setelah kita membangun menara doa, melakukan doa keliling dan melepaskan berkat atas daerah itu, tanpa diduga tiba para bandar narkoba dan penjual minuman keras ditangkap polisi dan angka kejahatan menurun di daerah itu.

Urapan Samuel adalah kekuatan yang menahan musuh agar tetap ada di luar perbatasan wilayah Israel,

1 Samuel 7:13
“Demikianlah orang Filistin itu ditundukkan dan tidak lagi memasuki daerah Israel. Tangan TUHAN melawan orang Filistin seumur hidup Samuel,”

Urapan ini bekerja untuk merebut kembali wilayah-wilayah yang telah diduduki musuh, “dan kota-kota yang diambil orang Filistin dari pada Israel, kembali pula kepada Israel, mulai dari Ekron sampai Gat; dan orang Israel merebut daerah sekitarnya dari tangan orang Filistin.”

Apakah bentuk wilayah kehidupan Anda yang sedang diduduki saat ini?
Damai sejahtera Anda: Kebahagiaan Anda; Keuangan Anda; Pernikahan dan keluarga Anda; Kesehatan Anda?

Saat Anda mengerti dan menerima urapan Samuel maka Allah memberikan kuasa dan otoritas untuk merebut kembali wilayah-wilayan yang telah diduduki musuh.

Urapan ini pun bekerja untuk membawa rekonsiliasi dan kerukunan,
“Antara orang Israel dan orang Amori ada damai.”

Adakah orang-orang yang terus menerus memusuhi Anda?
Apakah Anda sulit membina hubungan yang tulus dengan orang lain?
Apakah Anda tidak merasa tidak diterima di keluarga Anda; di lingkungan Anda?

Saat Anda mengerti dan menerima urapan Samuel maka Allah akan mendamaikan Anda dengan musuh-musuh Anda. Anda akan menikmati hidup rukun dan damai dengan banyak orang.

4. Urapan tudung dan perlindungan.

1 Samuel 19:20-24
20 maka Saul mengirim orang- orang suruhan untuk mengambil Daud. Tetapi orang- orang ini melihat sekumpulan nabi kepenuhan, dengan dikepalai oleh Samuel. Dan Roh Allah hinggap pada orang- orang suruhan Saul, sehingga merekapun kepenuhan seperti nabi. 21 Lalu hal itu diberitahukan kepada Saul; ia mengirim orang- orang suruhan yang lain, tetapi orang- orang itupun juga kepenuhan seperti nabi. Saul mengirim sekali lagi orang- orang suruhan, rombongan yang ketiga, dan orang- orang inipun juga kepenuhan. 22 Lalu ia sendiri pergi ke Rama. Sesampainya ke dekat perigi besar yang di Sekhu, bertanyalah ia, katanya:”Di mana Samuel dan Daud?” Jawab orang:”Ada di Nayot, dekat Rama.” 23 Lalu pergilah ia ke sana, ke Nayot, dekat Rama dan pada diapun hinggaplah Roh Allah, dan selama ia melanjutkan perjalanannya ia kepenuhan seperti nabi, hingga ia sampai ke Nayot dekat Rama. 24 Iapun menanggalkan pakaiannya, dan iapun juga kepenuhan di depan Samuel. Ia rebah terhantar dengan telanjang sehari- harian dan semalam- malaman itu. Itulah sebabnya orang berkata:”Apakah juga Saul termasuk golongan nabi?”

Urapan Samuel bekerja sebagai tudung dan perlindungan bagi Daud.
Urapan Samuel melindungi Daud dari roh maut yang bekerja melalui Raja Saul.
Urapan ini bekerja sebagai tudung dan perlindungan bagi seluruh potensi Ilahi yang ada di dalam diri kita. Potensi Ilahi itu bisa berupa keluarga; bisnis; study; pelayanan dan destiny Allah bagi kita.

Ada 3 (tiga) rahasia hidup Samuel yang ditulis dalam satu ayat firman Tuhan yaitu dalam 1 Samuel 3:19 yang berkata: “Dan Samuel makin besar dan Tuhan menyertai dia dan tidak ada satu pun dari firman-Nya itu yang dibiarkan-Nya gugur.”

1. Samuel mengalami pertumbuhan rohani di hadapan Tuhan.

Alkitsb menulis, “Dan Samuel makin besar…” (1 Samuel 3:19)

Pertumbuhan adalah salah satu tanda kehidupan yang sehat. Samuel hidup dalam kerohanian yang sehat dan kuat sehingga rohnya semakin kuat dihadapan Allah.

Saya yakin bahwa Anda tidak akan menyimpan penyakit di dalam tubuh Anda. Anda akan berusaha keras untuk mengeluarkan penyakit itu dari tubuh Anda. Anda selalu berusaha menjadi sehat dan segar selalu.

Jika ada penyakit rohani maka hal itu akan membuat kita sulit bertumbuh di dalam Kristus.
Pertobatan adalah sebuah langkah untuk mengalami kesembuhan dan pemulihan. Pertobatan adalah salah satu langkah untuk bertumbuh di dalam Kristus. Saat kita bertobat berarti kita mau berubah ke arah karakter Kristus.

2. Samuel hidup dalam kuasa dan hadirat Allah

Alkitab menulis bahwa,…”Tuhan menyertai dia…” (1 Samuel 3:29)

Samuel memelihara hubungan yang intim dengan Allah sehingga Alkitab menulis bahwa Tuhan menyertai dia.

Kita harus memelihara hadirat Allah di dalam hidup kita. Tanpa hadirat-Nya maka kita akan kehilangan sukacita dan berkat-Nya yang berlimpah-limpah. Rasul Paulus menasehati agar kita selalu dipenuhi oleh Roh Kudus.

Mereka yang mau hidup di dalam urapan Samuel adalah mereka yang selalu memelihara kuasa dan hadirat Allah; mereka yang selalu hidup dipenuhi oleh Roh Kudus.

3. Samuel selalu hidup di dalam firman

Alkitab menulis, “… tidak ada satu pun dari firman-Nya itu yang dibiarkan-Nya gugur.” (1 Samuel 3:19)

Allah memelihara firman-Nya di dalam hidup Samuel oleh karena Samuel selalu hidup di dalam firman. Samuel mengizinkan Tuhan membentuk manusia batiniahnya oleh firman Tuhan agar sesuai dengan rencana Tuhan.

Hasilnya adalah Allah menyertai dia dan tidak ada satu pun dari firman-Nya itu yang dibiarkan-Nya gugur.”