Matius 21:21-22
Yesus menjawab mereka:”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini:Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! hal itu akan terjadi. 22 Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”

Apa pun juga yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.
Setiap kali orang membaca ayat ini, mereka berpikir bahwa hal ini tentang materi dan jasmani atau sesuatu yang lain.

Namun sesungguhnya, ada yang kita inginkan jauh lebih besar dan indah yaitu sebuah kebangunan rohani; revival; gairah dan kerinduan yang mendalam untuk mencari hadirat Tuhan. Sebab di dalam hadirat-Nya ada kuasa, ada urapan! Kita tahu bahwa Tuhan memberikan kemenangan kepada orang yang diurapi-Nya. Jika kita mau mengalami hidup yang berkemenangan maka kita harus diurapi. Itulah sebabnya kita harus berdoa, berdoa meminta hadirat Tuhan! Itulah doa yang terpenting dalam hidup kita.

Tuhan Yesus mengatakan: “Apa pun juga yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”

Inilah yang disebut “doa memindahkan gunung” sebab ada gunung, halangan, yang selalu menghalangi Anda. Iblis akan berusaha keras untuk menghalangi Anda masuk hadirat Tuhan.
Iblis tidak inginkan Anda bertemu Tuhan dalam hadirat-Nya, Iblis akan mencegah Anda mengenal Kristus lebih mendalam dan mengasihi-Nya dengan sungguh-sungguh.

Iblis tahu rahasia ini. Di saat Anda masuk hadirat-Nya; pada saat Anda bertemu dengan Kristus dalam hadirat-Nya, di pada saat itulah Iblis akan lari dari hidup Anda; di pada saat itulah Iblis ditaklukkan dalam hidup Anda.

Dimana ada Hadirat Yesus di sana ada kemerdekaan. Kemerdekaan disini mengandung arti merdeka dalam segala hal. Saat Kristus memberikan kemerdekaan; itu berarti ikatan dalam hidup Anda dilepaskan. Ikatan terhadap masalah emosional, masalah dalam keluarga, masalah dalam keuangan, masalah sakit penyakit dalam tubuh Anda, atau apa saja seperti pekerjaan, bisnis Anda.

Hadirat Yesus Kristus mungkin saja tidaklah menghilangkan masalah Anda dalam seketika itu juga,
Namun di dalam hadirat Yesus Anda akan mengalami perubahan hidup; Anda mendapatkan damai sejahtera sejatij keyakinan yang teguh; dan jaminan yang pasti.

Pada saat Yosafat saat dikepung oleh tiga bangsa besar. Ia menjadi takut lalu pergi mencari ‘hadirat’ Tuhan. Masalah belum selesai setelah ia selesai berdoa. Namun Yosafat telah mendapatkan damai, keyakinan, dan jaminan pasti bahwa Tuhan akan memberikannya kemenangan.

Allah ada di pihak kita; jika kita ada dalam hadirat-Nya; maka sebesar apa pun kuasa di dunia ini; sebesar apa pun kuasa neraka yang menghantam, maka mereka tidak akan dapat mengalahkan, menghentikan kita; mereka tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Yesus. Jika kita mencari “hadirat” Tuhan dengan segenap hati, maka Tuhan akan memberikan Anda kemenangan; kesembuhan; kelimpahan.

Doa bukanlah pilihan terakhir, doa harus menjadi pilihan pertama dalam keadaan genting di hidup Anda.

Yosafat, di saat menghadapi keadaan yang genting maka pilihan pertamanya adalah ia pergi mencari “hadirat” Tuhan.

Terlalu lama, kita berada dalam pergumulan dan kesesakan oleh karena doa bukan pilihan pertama kita, sehingga kita selalu dikuasai oleh kebingungan, kekacauan dan kegelapan. Kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan genting itu.

Padahal, jika kita mencari “hadirat” Tuhan maka hal pasti yang kita akan dapatkan adalah damai sejahtera, pikiran yang jernih, hikmat dan terang Tuhan akan terbit atas hidup kita. Di dalam hadirat Tuhan itu, kita mendapatkan jaminan yang pasti dan keyakinan yang teguh untuk menghadapi keadaan yang genting.

Lebih baik berdoa dan mencegah masalah itu datang, ketimbang kita menunggu masalah datang lalu berdoa. Doa harus menjadi sesuatu yang penting dalam hidup kita.

Ada 7 langkah memasuki hadirat Tuhan lewat doa:
1. Kunci pertama dalam berdoa adalah Anda harus “sendirian.”

Matius 6:5-6
“Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah- rumah ibadat dan pada tikungan- tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu:Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. 6 Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

Inilah kunci pertama untuk masuk ke hadirat Tuhan!

Yesus berkata “masuk kamar, dan tutup pintu.” Artinya: Anda harus “sendirian.”
Cabut telpon Anda, tutup televisi, putuskan hubungan dengan dunia, sebab Anda tidak bisa berhubungan dengan Sorga sambil berhubungan dengan dunia pada waktu yang sama. Oleh karena itu selesaikan dulu semua urusan, jangan terburu-buru seperti orang sibuk.

Anda harus siapkan waktu, siapkan tempat, siapkan hati dan sebisanya dalam keadaan yang bersih untuk fokus dan konsentrasi berdoa untuk masuk hadirat Tuhan. Anda tidak akan bisa berbicara kepada seseorang untuk membicarakan sesuatu yang penting jika Anda tidak siapkan waktu khusus, tempat yang khusus, keadaan yang rapi dan bersih.

Tuhan selalu memberikan yang terbaik kepada kita. Kita seharusnya memberikan yang terbaik kepada Tuhan baik dalam fellowship maupun dalam ministry. Janganlah datang dan melayani Tuhan dengan tubuh yang lelah, hati yang capek. Anda tidak memberikan yang terbaik.

Kunci pertama, berdoa masuk dalam hadirat Tuhan adalah “masuk kamar, tutup pintu.” Anda harus sendirian dengan Tuhan!

2. Kunci kedua untuk masuk hadirat Tuhan adalah “Worship” Penyembahan.

Kunci pertama, sendirian untuk mengenali dan menyadari hadiratNya.
Kita bisa menyadari hadirat Tuhan hanya jika kita sendirian. Kita tidak akan bisa menyadari hadirat-Nya di saat kerumunan orang banyak, di saat bisingnya suara televisi dan bunyi ring tone hape.
Kita menghormati Tuhan dengan sendirian, dengan bersekutu hanya dengan Dia saja, tidak dengan orang lain.

Kunci kedua, adalah penyembahan. Kita masuk hadirat Tuhan dengan menyembah Tuhan. Kitab Mazmur 100:4 menjelaskan proses penyembahan. Proses penyembahan itu dimulai dengan Ucapan syukur. Ucapan syukur itu membuka pintu gerbang hadirat Tuhan; puji-pujian di pelataran-Nya membawa kita ke hadirat-Nya di ruang maha kudus.

Anda tidak bisa menyembah Tuhan, jika Anda tidak mengasihi Tuhan. Anda tidak bisa mengasihi Tuhan, jika Anda tidak mengagumi Tuhan. Anda tidak tidak mengagumi Tuhan, jika Anda tidak mengucap syukur akan kebaikanNya atas hidup Anda.

Itulah sebabnya, penyembahan adalah kunci kedua dari doa yang penuh kuasa!

3. Kunci ketiga, Kita harus mengerti kehendak Tuhan sebelum Anda berdoa.

Anda tidak bisa berdoa, jika doa Anda tidak sesuai dengan firman Tuhan.
Kita harus menguji apakah doa kita sesuai dengan kehendak Tuhan atau untuk memaksakan kehendak sendiri.

Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.” (1 Yohanes 5:14)

Jangan lupa Tuhan menyatakan kehendak-Nya lewat Alkitab.
Kita bisa mengenal ada 3 kehendak Tuhan.
1). Kehendak Tuhan yang sempurna bagi kita, hal ini dinyatakan dalam Akitab;
2). Kehendak Tuhan yang tersembunyi (Ulangan 29:29)
3). Kehendak Tuhan yang dizinkan, oleh karena kita terus menerus memintanya padahal itu
bukanlah kehendak-Nya yang sempurna untuk kita.

Ingat Bileam yang hendak mengutuk orang Israel, ia meminta izin Tuhan? Lalu Tuhan menjawab pergilah lakukanlah. Seperti orang tua yang sebenarnya tidak mengizinkan anaknya namun karena anaknya terus meminta dan “merongrong” maka orang tua itu dengan berat hati mengizinkannya.
Namun pada akhirnya, Bileam mendapat penghukuman Tuhan.

4. Anda tidak bisa berdoa dengan penuh kuasa, jika Anda tidak berdoa setiap hari.

Lukas 11:3 “Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya.”

Kehidupan doa tidak mungkin berhasil, jika tidak ada komunikasi setiap hari (daily contact).
Bandingkan dengan hubungan Anda dengan seseorang. Jika Anda berhenti berkomunikasi dengan seseorang maka hubungan Anda akan semakin jauh dan hilang.

Membangun kesadaran akan hadirat Tuhan memerlukan daily contact, doa terus menerus dan setiap hari. Hal ini bicara tentang hadirat Tuhan! Jika Yesus ada bersama Anda; hadiratNya kuat dalam diri Anda; Anda akan penuh dengan kuasa.

5. Anda harus mengerti tentang kuasa darah Yesus.

Anda harus mengalami kuasa darah Yesus, lewat pengakuan dosa! Darah Kristuslah yang menyucikan kita sehingga kita bisa dibawa Roh Kudus untuk masuk hadirat Allah dan mendapatkan jawaban atas doa-doa kita.

Tanpa pengakuan dosa, tidak akan ada pengampunan dosa. Anda harus disucikan oleh darah Kristus setiap hari.

“Daily contact dan daily cleansing”

Saat Anda ditahirkan, disucikan oleh darah Kristus, Tuhan mendengarkan doa Anda. Di sini perlu ada pertobatan setiap hari.

6. Anda tidak akan bisa berdoa dengan baik, jika Anda tidak memiliki iman yang teguh.

Iman timbul dari pendengaran akan firman; saat Anda membaca firman Anda mendengar suara Roh Kudus. Berbicara, di situlah iman akan timbul!

7. Anda hanya bisa berdoa dengan benar, jika Anda berdoa di dalam nama Tuhan Yesus!