Fondasi kehidupan iman Kristen dibangun di atas karya Kristus yang tuntas dan sempurna di atas kayu salib. Kita harus membangun iman kita di atas dasar ini. Mengapa? Oleh karena Alkitab mengatakan demikian. Alkitab adalah firman Allah. Otoritas final atas kehidupan kita. Apa pun yang dikatakan oleh Alkitab itulah kebenaran mutlak yang patut dipercayai dan dipedomani.

Letakkanlah iman Anda, keyakinan Anda kepada firman Allah. Imanlah yang membawa kita ke alam yang tidak kelihatan dan mewujudkannya ke dunia nyata kehidupan kita sehari-hari.

Contoh, kita menaruh iman dan keyakinan kita kepada kuasa darah Kristus.
Iman kepada darah Kristus, membuat kita mengerti apa yang telah dikerjakan dan disediakan di dalam darah Kristus bagi kita semuanya.

Darah Kristus bukanlah sekedar pengetahuan saja,
Namun ada kuasa di dalam darah Kristus itu.

Orang Kristen harus mengerti dan orang Kristen harus mempercayai bahwa ada kuasa di dalam darah Kristus. Kita akan mengalami kemenangan yang gilang gemilang di saat kita menaruh iman kita di dalam darah Kristus.

Saat darah Kristus membasuh hati dan pikiran kita, maka kuasa darah itu menyucikan hati nurani kita dari perbuatan yang sia-sia sehingga kita layak berkenan untuk menghadap tahta kasih Karunia Allah untuk mendapatkan pertolongan Tuhan pada waktu-Nya.

Kuasa darah Kristus itu juga menjadi senjata peperangan kita terhadap musuh dan memberikan kita kemenangan yang gilang gemilang.

Kuasa darah Kristus itulah yang membuat kita diampuni, dilindungi, dipelihara, disembuhkan, diberkati, memiliki sukacita dan damai sejahtera. Kuasa darah Kristus itulah yang memberikan kita keberanian mempercayai semua janji Allah atas hidup kita. Kita aman dalam pemeliharaan dan lindungan-Nya.

Ada 5 kuasa atau anugerah di dalam darah Kristus. Saat Yesus disalibkan ada 5 titik di dalam tubuh-Nya yang terluka dan mengeluarkan darah.

1. Di punggung-Nya ~> lewat bilur-bilurNya

Saat darah dicurahkan melalui punggung-Nya, oleh bilur-bilurNya Dia menebuskan kita dan membebaskan kita dari segala sakit penyakit.

Anda dapat mengaktifkan iman Anda kepada darah Kristus yang dicurah lewat punggungNya itu, dengan berkata: “Aku menerima berkat kesembuhan atas segala penyakitku, dan sekarang aku telah dibebaskan dari segala penyakitku di dalam nama Yesus. Apa pun yang telah dikatakan oleh dokter tentang penyakitku ini, aku tetap percaya oleh darah Kristus yang dicurahkan untukku maka oleh bilur-bilurNya akan aku terima kesembuhan ini.”

2. Dikepala-Nya ~> oleh mahkota DURI

Saat kepala Yesus dimahkotai oleh duri maka darahNya mulai mengalir.
Dia mencurahkan darahNya melalui kepala karena Dia dimahkotai duri.

Duri melambangkan KUTUK.
Saat darahNya mengalir karena mahkota duri Yesus menebus kita dari kutuk dan membebaskan kita dari KUTUK.

Saat darahNya dicurahkan melalui kepala-Nya, Yesus melepaskan berkat-Nya untuk kita dan membebaskan kita dari kutuk.

Kutuk adalah kuasa dan kekuatan yang membawa seseorang akan terus turun ke bawah sampai ke alam maut (neraka). Sebagaimana nasib dan masa depan iblis yang selalu turun ke bawah. Mulai dari sorga yang mulia, iblis dilempar ke udara, saat kedatangan Yesus diudara, Iblis turun ke bumi menjadi penguasa dalam bentuk antikristus. Saat Yesus dan gereja turun ke bumi untuk memerintah di Kerajaan Damai 1000 tahun, iblis dan pengikutnya turun ke alam maut.

Berkat adalah kuasa dan otoritas Allah (urapan) yang membawa seseorang terus dibawa naik ke atas, promosi, dan naik ke sorga. Kristus mencurahkan darah-Nya karena dimahkotai duri, Dia menanggung semua kutuk kita supaya kita yang percaya hidup dalam berkat dan hidup dalam kelimpahan.

Anda dapat mengatakan: “Aku tidak lagi hidup dbawah kutuk oleh karena darah Kristus. Sekarang aku hidup di dalam berkat oleh karena darah Kristus. Aku akan terus naik dan tidak akan turun karena aku diberkati. Aku diberkati karena darah Kristus.”

3. Di Tangan-Nya~> dipaku di atas kayu salib
Di saat Yesus dipaku kedua tangan-Nya, di situ darah-Nya tercurah.

TANGAN melambangkan kapasitas atau kekuatan seseorang untuk menerima kekayaan. Saat darah tercurah melalui tangan-Nya, di saat itulah Yesus membebaskan kita dari KEMISKINAN.

Kemiskinan menurut ukuran dunia adalah keadaan kekurangan uang. Namun Alkitab mengajarkan bahwa kemiskinan adalah keadaan berkekurangan dalam segala sesuatu. Kemiskinan tidak diukur dari kekurangan uang namun kekurangan dalam arti segalanya. Kekurangan dalam produktifitas, kekurangan dalam sukacita. Kekurangan dalam damai sejahtera.

Anda haruslah mengerti bahwa kemiskinan bukanlah rencana Tuhan yang terbaik bagi hidup Anda. Anda haruslah mengerti bahwa hidup dalam kekurangan bukanlah kehendak Allah yang terbaik.
Jika Anda pasrah dan menerima saja kekurangan itu oleh karena orang lain pun mengalami hal yang sama, hal itu berarti Anda belum mengerti sepenuhnya penebusan Kristus yang sempurna bagi Anda.

Tuhan menebus Anda supaya di dalam Dia Anda diperkaya dalam segala hal. Anda tidak mengalami kekurangan apa pun yang baik.

Penebusan Kristus di atas kayu salib supaya Anda mengalami SHALOM, Nothing is missing, Nothing is broken! Bebas dari segala kesukaran dan bencana; aman dan tenteram; sejahtera!
Tuhan telah menyediakan SHALOM bagi Anda.
Damai Sejahtera ini artinya Anda tidak kekurangan sesuatu apa pun yang baik yang telah Tuhan sediakan dalam hidup Anda atau dalam istilah inggrisnya: “Nothing missing dan nothing broken.”

Seseorang bisa punya banyak mobil, banyak uangnya, banyak hartanya namun ia tidak memiliki hubungan yang tulus, hubungan yang penuh kasih. Ia seorang yang arogan, congkak, kasar dan kikir. Ia bukanlah orang yang kaya, ia seorang yang miskin sebab kehidupannya tidak utuh.

KEMISKINAN bukanlah ciptaan Allah. Kemiskinan tidaklah pernah dirancangkan oleh Allah. Kemiskinan adalah bukan kehendak Allah. Kemiskinan diciptakan untuk membinasakan Anda.

Amsal 10:15
“Kota yang kuat bagi orang kaya ialah hartanya, tetapi yang menjadi kebinasaan bagi orang melarat ialah kemiskinan.”

Namun Tuhan Yesus datang supaya kita mempunyai hidup dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. Artinya tidak kekurangan sesuatu apa pun, namun hidup yang berkelimpahan. Tuhan menentukan orang kristen untuk menjadi kepala dan bukan ekor, terus naik dan tidak turun, semakin lama semakin kuat dan berjalan dari satu kemuliaan kepada kemuliaan yang lain.

Bagaimana Kita mengenal Allah kita adalah Allah Mahakuasa. Namun kita sendiri tidak bisa makan dan minum, kita sendiri tidak punya uang untuk membiayai kebutuhan hidup, kita sendiri tidak bisa tidur di malam hari, kita sendiri hidup dalam ketakutan dan kemarahan? Ada sesuatu yang keliru di sini.

Jika Anda mengenal Allah maka Anda akan memikirkan Allah. Pikirkanlah Allah yang Mahakuasa, pikirkanlah Allah yang sanggup melakukan segala perkara. Pikirkanlah Allah yang sanggup mencukupi kebutuhan Anda.

Jika Anda mengenal Allah Anda percaya dan berdoa mengaktifkan iman Anda bahwa oleh darahNya yang tercurah melalui kedua tangan-Nya maka aku diberkati, aku tidak akan kekurangan sesuatu apa pun yang baik.

Saya berdoa agar Anda semua hidup dalam berkat dan hidup dalam berkelimpahan.
Anda tidak kekurangan yang baik dari Tuhan. Oleh karena Kristus telah mencurahkan darahNya untuk membebaskan kita dari KEMISKINAN supaya kita hidup dalam berkat dan hidup dalam kelimpahan. Saya berharap Anda mulai pikirkan hal ini.

Ingatlah bahwa hidup berkelimpahan itu harus DIKEJAR! Anda tidak bisa menunggu dan berkata inilah aku dan datanglah kelimpahan! Anda harus mengejarnya sampai Anda mendapatkan!
Hidup berkelimpahan harus dikejar dan dipelihara oleh iman. Anda mulai menggunakan mulut Anda, memperkatakan firman Tuhan, janji Tuhan tentang hidup berkelimpahan bagi Anda.

Anda harus mengaktifkan iman Anda dengan mendoakannya, bertindak dengan bekerja dengan hikmatNya, bertindak dengan mulai menaburkan benih. Anda harus hidup dalam kebenaran.

Hidup berkelimpahan sebagaimana kesembuhan, Anda harus mengejarnya dengan menggunakan mulut Anda memperkatakan firman Tuhan, aktifkan iman Anda untuk percaya bahwa Anda diberkati oleh Tuhan sebab berkat Tuhan telah tersedia bagi Anda.

Anda pun harus mempersiapkan diri untuk diberkati oleh Tuhan, Anda harus mengejar dan mencarinya dengan iman agar Anda diberkati Tuhan. Iman itu berarti Anda mengetahui bahwa Tuhan memberkati Anda. Anda mengetahui bahwa jika Anda diberkati itu adalah kehendak Tuhan. Anda tidak akan menerimanya sampai Anda mengerti bahwa Tuhan telah memberikannya kepada Anda.

Jika Anda tidak percaya Allah sanggup menyembuhkan penyakit Anda, maka Anda akan tetap sakit dan penyakit itu akan membawa kematian sebab Anda tidak percaya firman Allah bagi hidup Anda. Jika Anda percaya maka mujizat terjadi atas hidup Anda.

Dasar dan fondasi iman Anda adalah tangan Yesus telah dipaku di atas kayu salib, dari tangan itulah darahNya dicurah untuk membebaskan Anda dari kemiskinan dan memberikan Anda hidup yang berkelimpahan! Anda harus mengetahui firman Allah ini dan mempercayainya.

Tuhan akan menyatakan kehendak-Nya bagi Anda, jika Anda membaca Alkitab. Alkitab adalah Firman Allah. Firman Allah adalah kehendak Allah.
Jika Anda tidak mengetahui firman Allah, Anda tidak mengetahui kehendak Allah.

Iman saya bisa bekerja jika saya mengetahui kehendak Allah. Saya akan mengetahui kehendak Allah jika saya mengerti firman Allah.

CARA HIDUP DALAM BERKAT:
3 Yohanes 2
“Saudaraku yang kukasihi, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik.”

Kunci hidup berkelimpahan adalah jiwa Anda baik. Jiwa Anda adalah pikiran, perasaan, dan kemauan Anda baik-baik. Jiwa Anda memiliki SHALOM!

Sukses Anda, kemakmuran Anda dimulai dari perubahan jiwa Anda yang diubah sesuai dengan firman Allah. Pikiran Anda, cara pandang Anda, sikap hati Anda diubahkan sesuai firman Allah. Itulah yang banyak disebutkan orang dengan Karakter Kristus!

Sukses dalam segala hal. Hidup dalam damai sejahtera Shalom, tidak kekurangan yang baik. Semuanya ini dimulai dari sikap hati dan cara kita berpikir yang sesuai dengan firman, hati yang percaya akan apa pun yang diperintahkan Tuhan dan melakukannya setia.

Anda tidak bisa mengubah sikap Anda dan cara Anda berpikir hanya sekali namun terus menerus supaya Anda bisa mengerti kehendak Allah yang baik, berkenan dan sempurna (Roma 12:2)

4. Di Lambung-Nya, oleh tusukan tombak tentara Romawi

Di saat Tentara Romawi menusuk lambung Yesus, maka keluarlah darah dan air dari lambung Yesus untuk menghapus semua dosa dan kesalahan kita. Kuasa dosa dan kutuk akibat dosa telah dihancurkan oleh kuasa darah Yesus yang mengalir dari lambung-Nya.

5. Di Kaki-Nya, karena Yesus dipaku di atas kayu salib

Di saat darah Yesus mengalir dari kaki-Nya maka Dia menebus kita dari jalan-jalan hidup kita yang jahat dan sesat, jalan menuju kehancuran dan kebinasaan.

Darah Kristus yang dicurahkan dari kaki-Nya memberikan kita jalan hidup yang berkelimpahan, jalan hidup yang membawa Injil damai sejahtera kepada banyak orang. Jalan hidup yang memberi pertolongan kepada orang yang membutuhkan.

Bagaimana mengaktifkan dan menerima kuasa dari darah Kristus:
1. Ketahuilah tentang darah Kristus.

Anda tidak akan bisa mempercayai apa pun sampai Anda mengerti firman Tuhan. Anda mengerti firman maka Anda akan mengerti kehendak Tuhan. Saat Anda mengerti kehendak Tuhan Anda miliki keyakinan untuk percaya. Saat Anda percaya Anda akan datang kepada Tuhan dengan iman dan Anda akan berdoa.

2. Anda harus mengaktifkan kuasa darah itu.

Anda mengaktifkan kuasa kuasa darah, saat Anda memperkatakannya bahwa
Oleh darah Kristus saya telah disembuhkan, diberkati, dipulihkan.
Oleh darah Kristus kebinasaan tidak akan menimpa aku.
Oleh darah Kristus kutuk dan kemiskinan telah dihancurkan dalam hidup ku.
Oleh darah Kristus saya hidup dalam berkat dan hidup dalam kelimpahan.
Oleh kuasa darah Kristus saya akan menjadi saksi Kristus membawa Injil damai sejahtera kepada banyak orang.

3. Anda harus mengharapkan mujizat di dalam darah Kristus.
Jika Anda mengharap mujizat maka Tuhan akan melakukan mujizat bagi Anda.