Doa lebih penting daripada kuasa Allah. Kuasa Allah bisa melakukan apa saja, tetapi doa lebih penting dari kuasa Allah. Yakobus orang yg penuh kuasa, tetapi kuasa Allah tidak bisa mencegah Herodes membuangnya ke penjara dan membunuhnya. Petrus orang yang penuh dengan kuasa, namun kuasa Allah tidak bisa mencegah Herodes membuangnya ke penjara.

Gereja mula-mula belajar akan hal ini. Yesus berkata: Aku memberimu kuasa, tetapi kuasa Allah ini tidak bisa mencegah iblis untuk menganiaya gereja. Kuasa Allah ini tidak bisa mencegah Ananias berdusta terhadap Roh Kudus. Kuasa Allah inilah yang membongkar dusta Ananias.

Gereja akan berjalan dalam kebenaran, gereja akan mengalami kelepasan dan kesembuhan hanya pada saat gereja berdoa. Hanya pada saat kita berdoa kita memiliki kuasa untuk mengalahkan iblis. Hanya doa yang dapat menggagalkan rencana Iblis atas hidup Anda dan saya.

Iblis berpikir jika ia bisa membunuh Petrus, maka gereja akan hancur. Petrus adalah pemimpin gereja saat itu. Namun gereja mengerti bahwa doa dapat melepaskan Petrus dari penjara dan dari hukuman mati. Pada Saat gereja berdoa, pada saat itu juga Tuhan mengirim malaikat untuk melepaskan Petrus dari penjara. Bukan karena kuasa tetapi doa. Doa melahirkan kuasa.

Saya memperhatikan bahwa tanpa doa maka pelayanan saya tidak ada kuasa, tanpa doa maka upah yang Tuhan sudah sediakan hilang dan sia-sia, tanpa doa maka saya menjadi orang yang kosong dan duniawi.

Di dalam Matius 7:7-8, Tuhan Yesus berkata:
Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. 8 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

Yakobus menulis tentang doa, bahwa mereka tidak mendapatkan apa-apa karena tidak berdoa (Yakobus 4:2). Orang Kristen tidak punya kuasa karena mereka tidak berdoa, mereka tidak meminta kuasa Allah.

Meminta, bukan cuma sekedar bicara dengan kata-kata kosong, yang tidak ada artinya, tetapi sebuah permintaan doa yang keluar dari batin yang terdalam, dari jiwa yang terdalam, dari hati yang hancur dan yang berharap kepada hanya kepada Tuhan. Itulah sebabnya Tuhan mengajarkan, mintalah, carilah dan ketuklah pintu, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Iblis tidak takut karena Anda telah melakukan mujizat-mujizat,mIblis tidak takut karena Anda pandai berkotbah, Iblis tidak takut karena betapa hebat dan cerdasnya Anda. Iblis takut hanya jika Anda berdoa kepada Bapa.

Doa membuat Tuhan memberikan kita nyanyian baru. Anda bisa menemukan dosa, Anda bisa menghadapi dosa, dan menang atas dosa hanya jika Anda berdoa kepada Tuhan.

Kisah 2:42, “Mereka bertekun dalam pengajaran rasul- rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.”

Gereja mula-mula bertekun dalam pengejaran dan doa. Mereka bukan hanya berdoa, tetapi mereka semua bertekun dalam doa. Berdoa terus menerus. Berdoa bukan hanya pada saat Anda merasa ingin berdoa, berdoa bukan hanya pada saat Anda punya waktu, tetapi berdoa terus menerus.

Jika Anda berdoa Anda memelihara keluarga Anda, Jika Anda berdoa Anda memberkati keluarga Anda, jika Anda berdoa Anda memulihkan keluarga Anda. Hanya jika Anda berdoa, Anda akan melihat kuasa Allah bekerja dalam hidup Anda.

Yeremia 33:3, “Berserulah kepada- Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal- hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal- hal yang tidak kauketahui.

Tuhan akan menjawab Anda jika Anda berseru kepada Tuhan. Inilah perintahNya: berserulah kepada-Ku. Bukan malaikat Gabriel yang akan menjawab, tetapi Aku, Tuhan. Perintah Tuhan: berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau.

Alasan Raja Saul tidak mendapatkan pengampunan, sebab dia berseru kepada Samuel. Dia tidak mencari Tuhan untuk mendapatkan pengampunan, ia mencari Samuel untuk mendapatkan pengampunan atas dosa-dosanya. Saul mengerang kepada Samuel minta pengampunan. Tuhan menolak Saul sebab ia tidak berseru kepada Tuhan.

Raja Daud lebih besar dosa dan kejahatannya daripada Raja Saul. Daud tidur dengan Betsyeba dan suaminya ditempatkan di depan saat berperang agar terbunuh. Daud telah berdosa dan melakukan kejahatan. Saat ditegor Nabi Nathan. Daud tidak mencari manusia. Daud pergi mencari Tuhan: “Tuhan kasihanilah aku, ampunilah aku dari semua dosa dan kejahatanku.” Tuhan menjawab dan memberikan Daud pengampunan. Itulah sebabnya Daud dikenal sebagai orang yang berkenan di hati Tuhan.

Sebesar apapun dosa dan kejahatan Anda, sebesar apapun rasa bersalah Anda, Ingatlah ini
Tuhan Yesus berkata: “Marilah kepada- Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Matius 11:28)

Jangan pergi kepada manusia, manusia bisa mengecewakan Anda, mereka bisa mengkhianatimu, mereka bisa menghancurkan Anda; tetapi pergilah kepada Tuhan. Berserulah kepada Yesus!!!

Jika Anda mau mendapatkan urapan, kuasa Allah, berdoalah! Bayar harganya untuk berdoa.
Jika Anda merasa terlalu sibuk untuk berdoa, Anda tidak akan mendapat kuasa Allah, urapan dan berkat Allah. Kesibukan tidak menghasilkan kuasa Allah. Hanya jika Anda berdoa, kuasa-Nya dicurahkan atas hidup Anda.

Doa dapat melakukan apapun yang dapat dilakukan oleh Tuhan. Saya mendapatkan sumber kuasa dan berkat itu terbuka pada saat saya berdoa. Saya menemukan belas kasihan Tuhan dicurahkan pada saat saya berdoa. Saya menemukan pintu-pintu terbuka pada saat saya berdoa.

Doa membuat Anda hidup tanpa batas, sebab saat Anda berdoa Anda bersatu dengan Allah yang tanpa batas kasihNya dan KuasaNya. Sebab tidak ada yang mustahil bagi Allah dan juga tidak ada yang mustahil bagi kita, jika kita berdoa.

Nothing is impossible WITH God! With God, jika Anda berdoa…