Dikisahkan dalam dongeng rakyat Jepang ada sebuah rumah yang didalamnya terdapat 1000 cermin.

Suatu hari ada seekor anjing kecil yang periang dan selalu berbahagia, ia melewati rumah itu dan memutuskan untuk masuk ke dalamnya. ia berlari gembira menuju pintu rumah itu

Saat anjing riang itu masuk ia terkejut bahwa ia mendapati di dalam rumah itu terdapat banyak sekali anjing yang mirip dengannya menyambutnya dengan ekor yang bergoyang goyang dan kuping yang terangkat.

Anjing kecil itu tersenyum senang dan sekali lagi ia melihat semua “teman barunya” juga membalas senyumannya dengan senyum yang sama bersahabatnya dengan senyuman anjing tsb.

Saat anjing kecil itu meninggalkan rumah tsb, dalam hati ia berkata “tempat yang sangat menyenangkan, ada banyak teman baru yang baik dan ramah, aku akan sering bermain ketempat itu”

Lalu suatu waktu ada seekor anjing lain yang kurang bahagia dan tidak seriang anjing yang pertama. anjing itu juga memutuskan untuk mampir ke dalam rumah tsb, dengan perlahan dan tampak waspada ia berjalan menuju pintu rumah tsb.

Saat anjing itu masuk ke dalamnya ia terkejut dan bertambah waspada karena ia mendapati d rumah tsb ada banyak anjing yang tidak bersahabat, lalu anjing itu mencoba menggertaknya dengan mengelurakan taring dan geraman kecil, namum lagi lagi ia dikejutkan bahwa semua anjing itu juga melakukan hal yg sama pada dirinya.

Dengan sangat ketakutan anjing itu berlari keluar rumah dan berkata dalam hatinya “tempat yg menakutkan, aku tak akan pernah mau masuk ke dalam rumah itu lagi”.